Wednesday, 6 March 2013

Manfaat Mengkudu untuk Kesehatan

Manfaat Mengkudu untuk Kesehatan
Mengkudu memiliki banyak manfaat untuk kesehatan namun dalam artikel ini, saya lampirkan 6 penyakin yang dapat disembuhkan oleh buah mengkudu.

Berikut ini adalah beberapa contoh cara pengolahan secara tradisional buah mengkudu untuk penyembuhan penyakit: Buah ini relatif bau, namun khasiat dari buah mengkudu ini sangat manjur. Untuk penyembuhan sakit yang telah parah, lakukan olahan tersebut setiap hari.

Untuk Penyakit Hipertensi
Bahan: 2 buah Mengkudu yang telah masak di pohon dan 1 sendok makan madu. Cara Membuat: buah mengkudu diperas untuk diambil airnya, kemudian dicampur dengan madu sampai merata dan disaring. Cara menggunakan: diminum dan diulangi 2 hari sekali.

Untuk Penyakit Sakit Kuning
Bahan: 2 buah Mengkudu yang telah masak di pohon dan 1 potong gula batu. Cara Membuat: buah mengkudu diperas untuk diambil airnya, kemudian dicampur dengan madu sampai merata dan disaring.  Cara menggunakan : diminum dan diulangi 2 hari sekali.

Untuk Penyakit Demam (masuk angin dan infuenza)
Bahan: 1 buah Mengkudu dan 1 rimpang kencur; Cara Membuat: kedua bahan tersebut direbus dengan 2 gelas air, sampai mendidih hingga tinggal 1 gelas, kemudian disaring.
Cara menggunakan : diminum 2 kali 1 hari, pagi dan sore.

Untuk Penyakit Batuk
Bahan: 1 buah Mengkudu dan ½ genggam daun poo (bujanggut);
Cara Membuat: kedua bahan tersebut direbus dengan 2 gelas air, sampai mendidih hingga tinggal 1 gelas, kemudian disaring. Cara menggunakan : diminum 2 kali 1 hari, pagi dan sore.

Untuk Penyakit Sakit Perut
Bahan: 2-3 daun Mengkudu
Cara Membuat: ditumbuk halus, ditambah garam dan diseduh air panas. Cara menggunakan: setelah dingin disaring dan diminum.

Untuk Penyakit Menghilangkan sisik pada kaki
Bahan: buah Mengkudu yang sudah masak di pohon.
Cara menggunakan: bagian kaki yang bersisik digosok dengan buah mengkudu tersebut sampai merata, dan dibiarkan selama 5-10 menit, kemudian dibersihkan dengan kain bersih yang dibasahi dengan air hangat.

CB Blogger Lab


Top