Monday, 8 April 2013

6 Manfaat Wortel Untuk Kesehatan

Wortel Bukan hanya pelengkap acar atau sup sayuran saja, melainkan wortel merupakan salah satu sayuran yang banyak mengandung nilai gizi dan vitamin serta mudah didapatkan. Wortel mengandung vitamin A, Vitamin B, Vitamin E, Vitamin K dan Potasium.

Untuk melengkapi vitamin perhari untuk menyehatkan mata perlu diketahui bahwa,  orang dewasa disarankan mendapatkan masukan  600-700 mikrogram vitamin A per hari. Jumlah ini dapat dengan mudah didapatkan dari makanan yang seimbang, terutama karena vitamin A juga dapat terbentuk dari beta- karoten. Beta-karoten juga terdapat dalam buah-buahan dan sayuran lain, pada tingkat lebih rendah, terutama di kubis, sayuran berdaun hijau dan kuning atau oranye, buah-buahan berwarna gelap.

Namun mari kita mengetahui selengkapnya mengenai manfaat wortel untuk kesehatan kita.
 Manfaat wortel bagi kesehatan antara lain :

1. Wortel baik untuk menjaga kesehatan mata
 Hal ini karena wortel mengandung Vitamin A yang cukup tinggi.

2. Wortel Mengurangi kemungkinan Kemanduluan
 Wortel mengandung Vitamin E yang dapat mengurangi kemungkinan kemandulan.

3. Wortel dapat menangkal Radikal bebas penyebab kanker
Wortel mengandung beta – karoten, bila kita mengkonsumsi wortel maka Zat beta – karoten akan masuk ke dalam pencernaan kita dan dikonversi menjadi Vitamin A.Seperti yang telah dilangsir Magforwoman bahwa Zat beta – karoten dapat menangkal radikal bebas penyebab kanker.

4.Wortel baik untuk menjaga kesehatan kulit
Wortel yang dibuat jus baik untuk kesehatan kulit karena memiliki baha – bahan yang dapat mencegah pengerutan pada kulit.

5. Wortel dapat mencegah penyakit jantung
Pada sebuah studi penelitian oleh Wolfson G. Laboratorium di Edinburh, Skotlandia mengunkapkan bahwa kadar kolesterol turun sebesar  11 persen jika tujuh ons wortel mentah setiap hari diambil selama berminggu-minggu. Selain itu adapula sebuah studi di Mario Institut di Italia menemukan bahwa mereka yang mengkonsumsi lebih banyak wortel memiliki sepertiga resiko serangan jantung dibandingkan dengan mereka yang makan wortel lebih sedikit.

6. Wortel dapat mencegah diabetes
Dengan adanya karotenid dalam wortel baik untuk regulasi gula darah.Karotenoid terbalik mempengaruhi resistensi insulin dan gula darah sehingga menjadi lebih rendah.

Demikian beberapa manfaat wortel yang dapat saya sampaikan mungkin masih ada banyak lagi manfaatnya bagi kesehatan kita. Teruslah untuk mencari info mengenai kesehatan anda, kesehatan tidak dapat dibeli dimana pun selain anda memelihara kesehatan tersebut. 

CB Blogger Lab


Top