Tuesday, 30 July 2013

Waspada Timbulnya Kolesterol Usia Muda

Usia muda terserang kolesterol tinggi? bisa saja hal ini terjadi,. bukan hanya orang tua lanjut usia yang mudah terserang kolesterol tinggi. Mari kita ketahui lebih jauh dan temukan solusinya.

Banyak penyebab kolestrol tinggi, tidak hanya dalam riwayat keluarga dan makanan yang sering dimakan, akan tetapi ada banyak hal penyebab kolestrol tinggi, contohnya sebagai berikut :

Mengonsumsi Makanan yang mengandung Lemak Jenuh

Mengonsumsi lemak jenuh yang berlebihan sangatlah berbahaya bagi kesehatan, terutama kolestrol tinggi dan penyakit jantung. Asupan makanan yang mengandung lemak jenuh seperti daging sapi, daging babi, susu, telur, mentega, dan keju sebaiknya Anda kurangi, bukan berarti makan makanan ini tidak boleh, akan tetapi sesuai dengan kebutuhannya dan tidak berlebihan..

Makanan berupa kemasan seperti kripik, minyak sayur, krupuk, dan lain-lain yang mengandung minyak kelapa, kelapa sawit atau mentega kakao juga mengandung lemak jenuh yang tinggi.

Berat Badan Yang Tak Terkontrol
Memiliki perut yang besar dan buncit terlihat sangat tidak menarik di kehidupan sehari-hari. Kelebihan berat badan dapat meningkatkan trigliserida dan penurunan HDL, atau kolesterol baik.

Kurangnya Aktivitas Fisik
Kebanyakan orang akan tidur atau berdiam diri setelah mereka makan. Hal seperti itu sebenarnya tidak baik dan akan meningkatkan kadar kolestrol karena tidak ada pembakaran pada tubuh.

Usia dan Jenis Kelamin
Pada usi 20 tahun dimana usia ini sangat rentan untuk timbulnya kolesterol. Pada pria, kadar kolesterol umumnya tingkat off setelah usia 50. Pada wanita, kadar kolesterol tinggal cukup rendah sampai menopause, setelah itu mereka naik ke sekitar tingkat yang sama seperti pada pria.

Medical Check up
Jangan melewatkan fisik tahunan Anda, dan pastikan untuk meminta penjelasan risiko penyakit jantung kepada dokter. Memiliki penyakit tertentu, seperti diabetes atau hipotiroidisme, dapat menyebabkan kolesterol tinggi.

Merokok
Pastinya untuk yang satu tahu tentang bahaya dari merokok tidak hanya buruk bagi kesehatan ini pun juga salag satu faktor penyebab tingginya kolesterol.

CB Blogger Lab


Top