Friday, 27 September 2013

Pertolongan Pertama Bila Balita Rewel

Pertolongan Pertama Bila Balita Rewel


Tubuh bayi  yang rentan membuatnya tidak pernah lepas dari berbagai gangguan. Meskipun ringan, jika dibiarkan berlarut-larut gangguan yang diderita si kecil bisa memburuk. Sebelum membawanya ke dokter, tak ada salahnya bila Anda melakukan pertolongan pertama. Ada baiknya kita persiapkan segala sesuatu di rumah.

Berikut cara tepat menangani berbagai gangguan yang umum menyerang.

Kolik
Kolik disebabkan oleh angin yang terperangkap dalam saluran cerna. Akibatnya, bayi Anda merasa tidak nyaman dan lebih rewel. Untuk mencegah terjadnya gangguan ini, sesaat setelah diberi minum atau makan, sebaiknya si kecil ditepuk-tepuk supaya bersendawa. Tapi bila ia terlanjur kolik, berilah obat tetes anti kolik, sesuai petunjuk dokter. Obat tetes kolik dapat dibeli di apotek.

Ruam popok
Kulit bayi umumnya sangat sensitif. Tak mengherankan jika banyak bayi yang menderita ruam popok. Biasanya ruam timbul karena si kecil alergi terhadap amoniak yang terkandung dalam urinnya, atau bisa juga karena ia alergi terhadap bahan dasar popok. Pada kebanyakan kasus, ruam dapat disembuhkan dengan salep kulit yang diberikan oleh dokter. Akan tetapi, untuk menghindari ruam popok, tidak ada salahnya bila si kecil memakai popok berulangkali pakai yang terbuat dari kain tetra. Bukan hanya itu, Anda juga harus rajin mengganti popoknya yang basah.

Gusi bengkak
Umumnya si kecil mulai tumbuh giginya ketika berusia 7 bulan. Pada waktu giginya menembus gusi, biasanya timbul rasa tak nyaman yang disebabkan oleh gusinya yang meradang. Akibatnya si kecil pun rewel. Sebenarnya gangguan ini dapat diatasi dengan memberinya jel atau sirop penghilang
rasa sakit. kalau pertumbuhan gigi bayi Anda juga disertai demam, jangan lupa berikan obat penurun panas. Jika panasnya terus berlanjut, segera hubungi dokter Anda.

Pilek
Bayi sangat rentan terhadap pilek. Umumnya pilek ringan akan sembuh dengan sendirinya setelah 2-3 hari, sekalipun tidak diobati. Tetapi, bayi yang terkena pilek biasanya rerwel dan sulit makan, karena ia tidak leluasa bernapas melalui hidungnya. kalau sudah begini, gunakan obat anti pilek sesuai anjuran dokter. Jika pilek disertai demam, biasanya dokter menyarankan agar ia diberi obat berbentuk sirup yang mengandung parasetamol.


Obat-obatan yang Wajib ada di Rumah
Sekedar untuk berjaga-jaga, tak ada salahnya jika Anda juga menyediakan obat-obatan ini di rumah.
  • Obat penurun panas. Pilihlah obat penurun panas berbentuk sirup dengan rasa buah.
  • Obat diare. Untuk diare atau buang air besar terus-menerus, sediakan garam oralit. Bila si kecil tidak mau minum larutan itu, buatkan campuran air tajin dengan garam dan gula merah.
  • Obat anti gatal. Seringkali bayi atau balita Anda digigit nyamuk atau serangga lain, sehingga timbul benjolan dan rasa gatal. Untuk menguranginya, sediakan salep anti gatal atau obat-obatan yang mengandung calamine.
  • Obat perangsang muntah. Obat perangsang muntah sangat dibutuhkan seandainya racun tertelan bayi. karena cara terbaik untuk mengeluarkan racun adalah memuntahkannya kembali.


CB Blogger Lab


Top