Monday, 5 May 2014

Tips Menyehatkan Jantung

Mempunyai jantung yang sehat adalah salah satu pertanda bahwa anda akan panjang umur. Pada makhluk hidup, jantung berfungsi untuk memompa darah ke seluruh tubuh dan menampungnya kembali setelah dibersihkan organ paru-paru.

Jantung merupakan organ yang sangat vital yang dimiliki oleh manusia. Ketika jantung sudah berhenti berdetak, bisa dipastikan nyawa kita sudah terpisah dari raga kita. Bagi sebagian besar manusia tentu menginginkan jantungnya selalu sehat. Dengan melakukan berbagai usaha untuk menyehatkan jantung. Menjaga jantung agar tetap sehat merupakan kewajiban setiap individu.

Berikut ini ada beberapa tips menjaga jantung agar tetap sehat:

1. Kurangi stress

Stress yang tinggi meningkatkan resiko serangan jantung.Ambil waktu untuk bersantai, perbanyak bergaul dengan orang lain yang membuat Anda gembira dan sejenak melupakan beban hidup. Istirahat secukupnya.

2. Kurangi porsi garam

Bila Anda memiliki tekanan darah tinggi, waspadai makanan yang mengandung garam dan MSG tinggi. Gantilah snack seperti kacang bawang, kripik, roti kering yang asin dengan snack rendah garam.

3. Kurangi makanan berlemak jenuh tinggi

Lemak jenuh mudah diubah menjadi Kolesterol jahat yang berisiko menimbulkan penyakit jantung koroner.Anda harus mencermatinya.Kulit unggas,daging merah/sandung-lamur dan susu murni mengandung banyak lemak jenuh.Perbanyak makan seafood yang kaya omega-3 dan sayuran/buah-buahan kaya serat dan vitamin.Pilih susu rendah lemak.

4. Kendalikan berat badan

Jaga berat badan Anda agar tidak kegemukan. Bila Anda saat ini kegemukan, ikuti program yang secara bertahap dapat menurunkan berat badan Anda. Obesitas membuat Anda lebih rentan terhadap banyak penyakit.

5. Ambil setiap kesempatan untuk berolahraga

Pilih naik tangga dibandingkan naik lift. Parkir kendaraan Anda lebih jauh agar Anda dapat berjalan kaki lebih lama. Kerjakan sebagian pekerjaan rumah yang biasa diserahkan pembantu, seperti mengepel lantai atau mencuci kendaraan. Sempatkan berjalan-jalan sore (“JJS”) dengan keluarga.

6. Monitor tekanan darah dan tingkat kolesterol

Lakukan pemeriksaan kesehatan secara berkala untuk mengukur tekanan darah dan kadar kolesterol dalam darah Anda.Hipertensi seringkali hadir tanpa disadari,sehingga sering disebut "silent killer".

7. Makan buah dan sayur.

Makanlah buah-buahan dan sayur-sayuran yang banyak mengandung berbagai vitamin yang dibutuhkan jantung anda seperti bayam, buah alpukat serta kacang-kacangan serta kurangi makanan yang memiliki kadar kolesterol yang sangat tinggi.

8. Jauhi alkohol

Anda sebaiknya mengurangi atau bahkan tidak minum-minuman yang mengandung alkohol. Ini dikarenakan minuman beralkohol mampu merusak otot jantung anda.

9. Berhenti Merokok

Bagi anda yang memiliki kebiasaan merokok. Maka mulai dari sekarang berhentilah dari kebiasaan yang tidak menyehatkan tersebut. Perlu anda ketahui, perokok memiliki peluang sangat besar mengalami serangan jantung dibandingkan mereka yang tidak memiliki kebiasaan merokok sama sekali.

10.Rekreasi

Anda juga bisa menyempatkan diri untuk berlibur atau bertamasya ke suatu tempat yang menyenangkan. sehingga bisa menyegarkan pikiran anda yang juga berdampak sangat baik pada kesehatan jantung anda. 

Itulah beberapa tips menjaga jantung agar tetap sehat.semoga dapat bermanfaat bagi kita semua.

CB Blogger Lab


Top