Saturday, 5 July 2014

Tips Sehat Islami

 Kali ini saya kana bercerita tetang hidup sehat dengan Islami. Banyak sekali kegiatan yang dilakukan oleh seseorang tentunya akan membuat orang tersebut turun daya tahannya. Khususnya pada  bulan Ramadhan yang penuh berkah ini, seorang muslim diharuskan berpuasa selama lebih kurang 12 jam. Bagi muslimah yang beraktifitas dengan kegiatan pekerjaan yang sangat banyak tentunya sedikit membuat daya tahan tubuh berkurang, karena dalam satu hari tidak terdapat suplai energi. Namun sangatlah penting keutamaan berpuasa membuat seorang muslim harus mampu melawan keterbatasan energy tersebut.

Berikut adalah tips sehat alat islami.

1. Makan jangan berlebihan
Dalam hal ini yang perlu diparhatikan untuk melakukan banyak kegiatan walau sedang berpuasa di bulan ramadhan adalah saat sahur sebaiknya tidak makan secara berlebihan. Makan dan minum secukupnya dengan memperhatikan gizi yang dapat di serap maksimal oleh tubuh.
Begitu pula dengan berbuka, biasakan mengurangi hidangan berbuka yang banyak mengandung zat yang dapat merugikan tubuh dan tidak serta merta sudah seharian berpuasa langsung di bvalas saat berbuka dengan makan dan minum tidak dengan takaran yang semestinya. Serta biasakan perbanyak minum air putih dengan sebanyak 8 gelas per hari. Untuk bulan ramadhan dapat dilakukan sebagai berikut,  2 gelas saat sahur, 4 gelas saat berbuka dan 2 gelas di malam hari.

2. Makan makanan sehat
Saat sahur maupun berbuka usahakan meng hidangkan makanan dengan yang memenuhi gizi dan dapt mengembalikan daya tahan tubuih setelah seharian berpuasa. Dengan memperbanyak makan sayur dan buah untuk menjaga kesehatan.

3. Mendinginkan makanan
Alangkah baiknya makanan sebelum dimakan hendaknta didinginkan terlebih dahulu. Hal itu bertujuan utuk mengurangi gangguan pada tubuh atau pencernaan yang dapat menyebabkan rasa sakit, kembung, rasa penuh, mual dll.

4. Tidak minum alcohol
Hindari alkhol. Hal ini harus sangat di perhatikan selain bagi seorang muslim alcohol itu haram, alcohol menurut para ahli dapat menyebabkan kerusakan organ tubuh seseorang. Jika organ tubuh seseorang sudah rusak maka sangat mungkin kegiatan seseorang akan terganggu, begitu pula bagi yang berpuasa itu akan sangat mengganggu. Baik dalam tubuh itu sendiri atau pun dalam mental seseorang.

5. Olah raga
Olah raga secukupnya juga perlu dilakukan, walaupun sedang menjalankan puasa, kita harus tetap melakukan olah raga. Dengan catatan mengurangi porsi olah raga yang biasa kira lakukan setiap hari.

6. Ketenangan jiwa
Dari beberapa hal diatas hal yang begitu penting adalah ketenangan jiwa. Dengan menambah kegiatan keagamaan seoerti meningkatan sholat, tadarus Quran, banyak berzikir, dll, itu semua akan menambah ketenangan jiwa seorang  muslim.


CB Blogger Lab


Top