Saturday, 8 November 2014

Gejala Penyakit Asam Urat

Asam urat merupakan penyakit yang sering menyerang manusia di usia lanjut. Asam urat sendiri terjadi karena penumpukan zat purin yang terlalu sering dikonsumsi. Purin yang dikonsumsi secara berlebihan tidah dapat dikeluarkan oleh ginjal sehingga kristal asam urat menumpuk di persendian. 

Asam urat menyebabkan rasa nyeri pada persendian terutama sendi jari kaki, jari tangan, tumit, siku, dengkul juga pergelangan tangan seelain nyeri juga akan mengakibatkan bengkak dan meradang.

Gejala asam urat bisa dirasakan oleh setiap orang, jadi uasahakan jika anda mengalaminya gejalanya segera dilakukan tindakan pencegahan. Ini sangat penting bagi yang belum terserang maupun yang sudah terkena asam urat. Bagi yang terkena asam urat lebih baik segera diobati agar tidak bertambah parah. Berikut ini tanda-tanda atau gejela asam urat yang harus anda waspadai:

Gejala tahap pertama

Tahap pertama atau tahap artritis gout akut (peradangan asam urat akut). Pada tahap pertama ini penderita asam urat akan mengalami serangan artritis yang akan hilang dalam jangka waktu 5-7 hari tanpa diobati. Karena rasa sakit menghilang maka penderita tidak menduga jika ia terkena asam urat dan tidak melakukan pemeriksaan ke dokter. 

Bahkan biasanya dokterpun tidak menduga kalau pasian terserang artritis gout akut. Gejala tahap pertama ini akan menghilang tanpa pengobatan jadi sebaiknya anda berhati-hati jika sudah terserang artritis gout akut ini. Setelah tahap pertama inibiasanya penderitaa akan masukpada gou interkritikal, dimana penderita sehat dalam jangka waktu tertentu.

Gejala tahap kedua

Gejala tahap kedua atau artritis gout akut intermiten. Pada tahap ini ditandai dengan penderita mengalami serangan artritis yang khas. Penderita akan mengalami serangan yang lebih sering dari tahap sebelumnya, jumlah sendi yang terserang juga semakin banyak. Pada tahap inilah penderita baru menyadari bahwa ia terkena asam urat.

Gejala tahap ketiga


Gejala tahap ketiga ini juga disebut artritis gout kronik bertofus. Tahap ini akan terjadi bila penderita sudah mengalami asam urat selama lebih dari 10 tahun. Akan tumbuh benjolan-benjolan di sekitar sendi yang disebut tofus. Tofus akan merusak tulang dan sendi di sekitarnya.


CB Blogger Lab


Top