Monday, 4 August 2014

Tips dan Cara Perawatan Rambut Kering dan Berminyak

Siapapun setuju bahwa rambut merupakan "mahkota" seseorang". Tidak perduli dia laki-laki atau perempuan. Dengan mahkota itulah kita bisa membangkitkan rasa percaya diri dalam pergaulan. Tidak sedikit orang yang minder gara-gara masalah rambut. Bisa jadi karena gaya rambutnya tidak mengikuti trend yang lagi populer atau bisa juga karena rambutnya bermasalah misalnya rontok, berketombe, patah-patah minyak berlebihan, kusam dan berbagai masalah lainnya. 

Pada artikel kali ini saya akan berbagi bagaimana tips dan cara-cara dalam perawatan rambut. Rambut pada dasarnya mirip kulit kita yang terdiri dari berbagai macam type seperti rambut berminyak, rambut kering, dan kombinasi antara keduanya.

Tips merawat rambut berminyak:


Rambut berminyak pada suhu yang panas dapat membuat rambut begitu lepek karena begitu banyak keluar keringat dari pangkal rambut, 
  • Hal pertama yang perlu dilakukan adalah pastikan anda memakai shampo khusus untuk rambut berminyak dengan ph normal.
  • Keramas 2 kali dengan shampoo saat mandi agar minyak di permukaan rambut bersih
  • Keramas bisa dilakukan setiap hari, namun diusahakan jangan mengenai kulit kepala, karena dapat mengakibatkan kekeringan dan menimbulkan rasa gatal
  • Kurangi intensitas menyentuh rambut, dan gunakan penutup kepala saat beraktivitas di luar ruangan untuk menghindari dari debu dan kotoran.
  • Saat menggunakan conditioner rambut usapkan pada bagian tengah dan ujung rambut saja.
  • Rambut berminyak rentan terhadap munculnya ketombe, ini bisa dicegah dengan  mengusapkan belahan jeruk lemon di kulit kepala saat akan keramas

Tips dan Cara Perawatan Rambut Kering dan Berminyak Cara Perawatan dan Mengatasi Rambut Kering


Cara Perawatan dan Mengatasi Rambut Kering


Pada dasarnya setiap rambut menghasilkan minyak namun pada beberapa orang, mungkin produksi minyak yang dibutuhkan kurang sehingga berdampak pada kerusakan dan kekusaman rambut. Rambut kering dan kusam diakibatkan beberapa hal antara lain, mewarnai rambut tidak sesuai aturan alias asal-asalan termasuk penggunaan shampoo dan zat kimia yang barangkali tidak cocok dengan tipe rambut kering, terlalu lama terkena sinar matahari dan proses pengeringan yang dilakukan pada rambut setelah keramas seperti memakai hair dryer.




cara mengatasi rambut rontok dan kering

Ada beberapa saran agar rambut kering tidak menjadi masalah:

  • Gunakan kondisioner atau pelembab setelah keramas, namun sekarang sudah banyak tersedia shampoo yang meengandung kondisioner, jadi tidak terlalu merepotkan lagi untuk membeli shampo dan kondisioner terpisah.
  • Buat Anda yang suka mengeriting rambut ataupun rebounding, hentikan kebiasaan ini. Alat yang digunakan seperti hairdryer, blow dryer menghasilkan panas yang langsung berefek kepada rambut.
  • Hindari pemakaian hair dryer setelah keramas, karena rambut yang sudah kering akan bertambah rusak jika terkena uap panas hairdryer. Keringkan dengan handuk yang bisa menyerap air di rambut. Itupun jangan terlalu kasar cukup ditepuk-tepuk atau diusapkan saja handuk pada rambut yang basah. Atau Anda bisa menggunakan alternatif pengering rambut memakai kanebo, Kanebo sebuah spons yang biasa di pakai untuk mengeringkan permukaan mobil atau sepeda motor setelah dicuci. Atau jika Anda pernah melihat atlet renang dan loncat indah sering menggunakan spons ini untuk mengeringkan rambut dan badan mereka.
  • Pakai penutup rambut saat berenang dan saat terkena sinar matahari langsung. Air dalam kolam renang mengandung zat kimia yang dapat merusak rambut Anda.
  • Jangan keramas tiap hari, ini berbeda dengan rambut berminyak yang disarankan untuk berkeramas setiap hari. Jika rambut kita kering keramas setiap hari justru menambah kering rambut kita. Keramas cukup dilakukan dua hari sekali itupun kalau diperlukan.
  • Saat istirahat santai atau tidur lepaskan ikatan rambut jika Anda suka memakai ikatan rambut seperti bando dan sebagainya. Biarkan rambut "bernafas" setelah lama terikat.
  • Jangan menyisir rambut di saat basah, misalnya setelah keramas.Rambut kering yang dalam keadaan basah cukup rapuh ini justru menyebabkan kerontokan rambut. Gunakan sisir yang bergigi renggang karena sisir yang rapat jika rambut dalam keadaan habis keramas biasanya masih kusut.
  • Untuk rambut yang sudah benar-benar kering dan kusam, mau tidak mau Anda harus memberikan perhatian dan perawatan ekstra. Misalnya dengan masker rambut. Masker rambut tersedia bermacam-macam, seperti minyak Zaitun. Pijat permukaan kulit kepala 30 menit sebelum keramas. Kandungan vitamin E dan antioksidan dalam minyak zaitun yang cukup besar dapat membantu asupan nutrisi rambut dan dapat mencegah kerontokan serta kekeringan rambut.

Demikian beberapa tips yang dapat saya berikan tentang bagaimana cara merawat rambut berminyak dan rambut kering dan kusam. Kesimpulan yang dapat diambil yaitu, Jaga kebersihan rambut, gunakan shampoo, kondisionerdan sisir yang tepat untuk jenis rambut kita, hindari kontak langsung antara rambut dengan matahari dan air kolam renang, dan jika rambut sudah dalam keadaan parah kerusakannya segera lakukan perawatan intensif dan teratur, yang tidak kalah penting adalah menjaga asupan gizi terutama makanan yang banyak mengandung vitamin E. Vitamin E selain bagus untuk rambut juga bagus untuk menjaga kelembutan kulit.



CB Blogger Lab


Top