Sunday, 6 October 2013

Resep Tumis Bunga Kates

Resep Tumis Bunga Kates

Bisa nggak membayangkan betapa deliciousnya tumis bunga kates di atas, hmmm... Pas banget buat nemenin makan siang kayanya neeh. Kalau Ibu kebetulan ada tetangga punya tanaman pepaya yang banyak bunganya nggak ada salahnya minta sedikit ya, untuk bikin masakan kaya gini buat menu makan siang untuk suami tercinta. Nah di bawah ini sresep yang sudah saya coba masak dirumah.



Bahan :
  • 250 gram bunga kates
  • 100 gram daun melinjo yang muda (kalau ada lebih enak rasanya, kalo gak ada nggak apa)
  • 100 gram ikan asin teri
  • 50 gram cabe keriting dann cabe rawit merah

Bumbu :
  • 6 siung bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 1 lembar daun salam
  • 1 sendok teh terasi (sekedarnya, kalau tidak suka dengan terasi tidak perlu)
  • garam secukupnya
  • gula merah
  • minyak goreng secukupnya untuk menumis

Cara memasak:

  • Bersihkan bunga pepaya, cuci bersih lalu direbus 3 kali, biar gak terlalu pahit. Tapi kalau Ibu senang yang pahit cukup 1 kali aja merebusnya.
  • Cuci bersih daun melinjo, iris-iris kasar
  • Cuci bersih ikan kering terinya lalu goreng kering.
  • Cuci cabe keriting dan rawit, iris serong
  • Iris halus bawang merah dan bawang putih
  • Tumis bawang merah dan bawang putih sampai harum dan matang
  • Masukkan cabe dan terasi, tumis ampe cabenya matang
  • Masukkan bunga pepaya dan daun melinjo, tumis ampe daun melinjo matang/ layu
  • Masukkan teri goreng
  • Beri garam dan gula sesuai selera


Nah. Tumis Bunga Kates siap dihidangkan. Selamat mencoba Bunda.

CB Blogger Lab


Top