Friday, 19 September 2014

Beberapa Jenis Penyakit Mata dan Penyebabnya

Mata merupakan salah satu dari 5 indra yang paling penting dalam kesehatan mata. Dengan mata manusia dapat melihat alam sekitar beserta isinya.

Gangguan penglihatan mata dapat mengganggu manusia untuk melakukan berbagai aktivitas sehari-hari, seperti bekerja, bersekolah dan beraktivitas sosial lainya. Seringkali mereka tidak mengenali gejala awal penyakit mata dan ketika mengetahuinya pun penyakit mata sudah menjadi parah.

Untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan pada penglihatan mata. Maka harus mengetahui jenis-jenis penyakit mata dan penyebabnya. Beberapa penyakit yang menyerang indera penglihatan adalah:

1. Kebutaan. Kebutaan pada mata manusia memiliki jenis kebutaan berat dan kebutaan ringan. Kebutaan disebabkan karena adanya kerukan pada syaraf mata. Penyakit ini tidak dapat dibantu dengan lensa maupun kacamata.

2. Belekan. Penyakit ini disebabkan adanya infeksi virus dan bakteri.

3. Kerakitis. Gangguan pada kornea ini sering dialami oleh petani. Disebakan oleh virus, kuman dan bakteri.

4. Miopi. Penyakit mata yang tidak dapat melihat jarak jauh.

5. Presbiopi. Penyakit mata yang tidak dapat melihat jarak dekat.

6. Hipermetropi. Penyakit mata yang tidak yang tidak dapat melihat jarak jauh dan jarak dekat.

7. Glukoma. Bola mata memiliki tekanan cairan yang tinggi dan dapat merusak saraf mata sehingga mata terlihat lebih menonjol keluar.

8. Irosidiklitis akut. Penyakit ini disebabkan oleh gigi yang berlubang. Salah dalam menangani penyakit ini dapat menyebabkan kebutaan.

9. Katarak. Gangguan penglihatan mata karena adanya lapisan pada bola mata. Jenis penyakit mat ini juga dapat menyebabkan penderitanya mengalami kebutaan.

10. Bintitan. Penyakit ini disebabkan karena infeksi bakteri dan kelenjar pada bulu mata.

Tindakan yang dapat dilakukan untuk mencegah hal yang lebih buruk pada mata adalah dengan segera konsultasi kepada dokter ketika sudah merasa ada gangguan pada mata.

Jika dibiarkan, gangguan mata ringan dapat menjadi penyakit serius bahkan dapat menyebabkan kebutaan permanen yang susah disembuhkan. Kita sebagai manusia selayaknya menjaga kesehatan mata dari berbagai jenis penyakit mata yang menjadi ancaman bagi aktivitas hidup.

CB Blogger Lab


Top