Monday, 29 April 2013

Waspada Terhadap Buang Air Kecil di Malam Hari

Dalam bahasa atau istilah kedokteran, sering buang air kecil lebih dikenal dengan sebutan overactive bladder (OAB).

Dengan seringnya buang air kecil di malam hari, dapat mengganggu pola tidur. Karena semalam bisa tiga sampai empat kali buang air kecil. Keadaan sering buang air kecil dimalam hari ini bisa dimungkinkan merupakan salah satu gejala sakit kencing manis dan infeksi pada ginjal. Selain itu mungkin juga terdapat gejala lain yang mendukungnya.

Selain seringnya buang air kecil, juga biasanya akan merasa haus, sering merasakan lapar, kelelahan serta penurunan berat badan. Jika beberapa gejala tersebut ada, maka sebaiknya segera periksakan ke dokter, untuk diperiksa kadar gula ke laboratorium.

Mengkonsumsi buah manggis atau jus manggis baik untuk mencegah gejala kencing manis, karena pada buah manggis banyak mengandung vitamin, karbohidrat, serat, mineral dan kaya anti oksidant.
Gejala infeksi ginjal biasanya akan disertai dengan nyeri pada pinggang, demam, meriang serta adanya perubahan warna pada air saat buang air kecil menjadi sedikit memerah atau mirip seperti warna rebusan daging. Kadang-kadang terasa nyeri pada saat buang air kecil. Jika kita memiliki gejala seperti itu sebaiknya segera memeriksakannya kedokter guna memeriksa urine ke laboratorium.

Usaha penjegahan yang bisa dilakukan yaitu minumlah air putih yang banyak, menjaga pola makan, bila perlu diet sehat agar tidak terbentuk batu ginjal, dan istirahat yang cukup.

Penyebab lain sering buang air kecil adalah cara tubuh membuang limbah. Limbah ini dilepaskan dari metabolisme sel-sel, masuk ke dalam darah dan akhirnya disaring oleh ginjal dari aliran darah untuk dibuang lewat urin. Jika seseorang tidak bisa buang air kecil maka dia akan sakit karena keracunan tubuh. Buang air kecil sangat diperlukan untuk menjaga kesehatan.

Peliharalah kesehatan anda, dan konsultasi ke dokter sesering mungkin, agar tubuh anda tetap fit, sehat dan berstamina.

CB Blogger Lab


Top