Monday 1 April 2013

Tips Agar Sehat dalam Perjalan Liburan

Sehat dalam perjalanan adalah hal utama. Mempertahankan fit untuk tetap melakukan aktifitas selama perjalanan atau liburan perlu di perhatikan hal-hal berikut.

Menjaga daya tahan tubuh
Daya tahan tubuh sangat menentukan perjalanan saat liburan. Untuk mempertahankan daya tahan tubuh agar tetap kuat yaitu dengan cukup tidur, memanfaatkan waktu saat beristirahat.

Cuci tangan pakai anti septik
Menjaga tangan tetap steril bebas bakteri, tentunya hal yang mudah, saat sekarang ini segala sesuatu simple dan mudah, contohnya, membawa anti septik saat perjalanan, jangan lupa mencuci tangan dengan anti septik jika ingin memegang makanan.

Tidak menahan-nahan air kecil
Hal ini terutama berlaku untuk wanita karena radang kantung kencing lebih mudah dan lebih cepat terjadi. Menurut dr Bahdar, radang kantong kencing lebih rentan karena wanita memiliki uretra yang lebih pendek ketimbang pria, lebih lebar dan lurus. Kondisi ini memudahkan kuman untuk menginfeksi.

Perhatikan kebersihan tempat makan
Jika Anda lihat di meja makanannya banyak kecoa kecil-kecil, maka jangan makan disitu. Kalau di meja makannya saja banyak kecoa bagaimana di dapurnya," tanda dr Bahdar.

Hal tersebut telah dibenarkan oleh dr. R. Fera Ibrahim, MSc, PhD, SpMK, ahli mikrobiologi dari FKUI.

Selektiflah memilih tempat makan. 
Pilih makanan yang matang, yang panas kalau bisa. Minum juga penting memilih yang pakai botol karena kalau yang diracik belum tentu bersih, belum lagi es batunya," saran dr Fera.

Cari tahu kondisi daerah yang akan dikunjungi
Ada baiknya mencari tahu kondisi daerah-daerah yang akan kita kunjungi. Bisa jadi ada penyakit yang endemik di daerah tersebut, seperti malaria. Bila Anda tahu kan bisa dipersiapkan pencegahannya.

Tidak Lupa Membawa Obat-obatan
Hal ini penting saat perjalanan jauh, untuk jaga-jaga, seharusnya anda tidak melupakan hal ini untuk tetap siaga. Seperti minyak angin, obat diare dll.

Perhatikanlah kesehatan selama perjalanan, kesuksesan dalam perjalanan adalah wujud dari terciptanya kesehatan.

0 comments:

Post a Comment

CB Blogger Lab


Top