Monday, 26 August 2013

Nutrisi dan Vitamin dalam Tomat

Sebelumnya kita sudah membahas mengenai Manfaat masker tomat untuk wajah. Sekarang admin menuliskan mengenai nutrisi dan vitamin dalam tomat yang diambil dari berbagai sumber penelitian. Buah ini selain sebagai makanan atau pelengkap masakan, buah ini adalah salah satu obat herbal yang dikenal selama ratusan tahun. buah ini memiliki kesamaan dengan jenis berry yang memiliki kandungan antioksidan sangat tinggi dan berguna melawan radikal bebas dan menjadikan anda awet muda.

Tomat dikenal memiliki kandungan lycopene yang sangat tinggi, yaitu zat anti oksidan yang sangat bagus untuk pencegahan kanker terutama kanker prostat. Lycopene juga dipercaya mampu melindungi tubuh dari penyakit cardiovascular, diabetes, menambah kesuburan pada pria, dan membantu tubuh anda tetap lincah, awet muda, dan lebih sehat.

Namun demikian, Anda dianjurkan untuk tidak makan tomat dalam jumlah banyak secara terus menerus. Di Inggris, pernah ada kasus seorang wanita yang rutin mengkonsumsi jus tomat hingga 2 liter setiap harinya. Bukannya kesehatan yang didapatkan, akhirnya wanita tersebut terpaksa menjalani perawatan di rumah sakit karena di dalam tubuhnya diketahui memilik kelebihan zat lycopene. Zat lycopene seharusnya diubah menjadi Vitamin A, namun karena jumlahnya yang sangat banyak tubuh tidak dapat mengubahnya sekaligus dan akhirnya menjadi racun yang merugikan.

Vitamin penting dalam Tomat lainnya adalah Vitamin C. Berdasarkan penelitian, kandungan Vitamin C pada tomat ternyata lebih tinggi dari yang terkandung pada buah jeruk. Seperti yang kita tahu bahwa Vitamin C merupakan zat penting yang sangat diperlukan oleh tubuh karena mampu menambah kekebalan tubuh, melawan infeksi dan merupakan antioksidan yang sangat powerfull. Berbeda dengan Lycopene yang tidak larut dalam air, Vitamin C merupakan zat yang larut dalam air sehingga tidak akan menjadi racun yang mematikan bagi tubuh karena kelebihannya akan dibuang bersama urine.

Kandungan vitamin dalam tomat selanjutnya adalah Vhtamin B9. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa Vitamin B9 dalam tomat mampu mempercepat regenerasi sel sehingga membuat tubuh dan pikiran kita menjadi tetap muda. Manfaat lainnya dari Vitamin B9 adalah merangsang tubuh untuk memproduksi enzime yang mampu mengontrol homocysteine. Homocysteine merupakan sejenis protein berbahaya di dalam darah yang apabila terdapat pada darah dalam jumlah yang banyak dapat menyebabkan masalah pada arteri dan menjadi penyebab utama serangan jantung.

Selain mengandung ketiga nutrisi di atas, buah tomat juga mengandung Vitamin B6, Potassium, dan Folate. Kandungan-kandungan tersebut mampu membuat tubuh kita awet muda lho, jadi jangan ragu mengkonsumsinya secara teratur dalam jumlah yang sewajarnya untuk memperoleh manfaat Vitamin dalam tomat.

CB Blogger Lab


Top