Monday, 7 April 2014

Manfaat Sarapan Pagi

Alasan tidak sempat mebuat banyak orang sering melewatkan kegiatan yang namanya sarapan. padahal, sarapan sebenarnya adalah salah satu rahasia untuk menjaga kesehatan badan. Tak peduli seberapa sibuknya Anda, penting untuk mengisi bahan bakar untuk tubuh Anda sehingga energi terpenuhi paling tidak untuk 4-5 jam beraktivitas sebelum makan siang.

Sarapan adalah makanan yang dikonsumsi pada awal/pagi hari. Karena pada saat tidur di malam hari tubuh tetap beraktivitas dan membakar 500-600 kalori tubuh, karena itu pada pagi harinya tubuh membutuhkan asupan kalori lagi.

Menu sarapan pagi yang sehat dapat menurunkan berat badan, risiko diabetes, penyakit jantung, dan stroke. Menu sehat tersebut antara lain adalah sereal tinggi serat, buah-buahan dan susu tanpa lemak.

Berikut beberapa manfaat sarapan pagi:

1. Sarapan memberi kekuatan metabolisme tubuh

Setelah tidur sepanjang malam, sarapan pagi dipertimbangkan sebagai waktu makan yang penting karena mengganti waktu malam yang tak terisi makanan serta menambah kebutuhan gula. Gula adalah sumber energi yang diserpa dari karbohidrat yang masuk ke dalam tubuh. 
Dipagi hari, setelah tak mengkonsumsi makanan selama 12 jam, zat gula dalam tubuh turun ke tingkat yang paling rendah, saat ini terjadi tubuh menggantinya dengan melepas zat gula yang telah disimpan dalam lapisan otot dan liver yang disebut glycogen.

2. Menurunkan berat badan

Selama tidur 12 jam tubuh puasa sepanjang malam dan dipagi hari Anda berada dalam tahap pertama merasa lapar. Melewatkan sarapan membuat tubuh tetap "dalam kelaparan", sedang mengkonsumsi makanan yang bagus akan memberi peningkatan metabolisme.

3. Menambah esensial nutrisi bagi tubuh

Sarapan menyediakan proporsi signifikan asupan total nutrisi untuk sepanjang hari dan menawarkan kesempatan untuk menkonsumsi makanan yang penuh nutrisi seperti zat besi, vitamin dan serat esensial, mineral lainnya yang hanya dapat diperoleh dari makanan.

4. Sarapan untuk bahan bakar otak

Untuk meningkatkan konsentrasi. sarapan memperbaiki kemampuan berfikir dan menjaga tetap berada dalam penampilan mental terbaik. Sarapan menyediakan bahan bakar bagi otak untuk meningkatkan kemampuan dalam pemecahan masalah dan ingatan. Karena itu sarapan sangat dianjurkan bagi para pelajar dan Anda yang membutuhkan konsentrasi tinggi dalam pekerjaan.

5. Menghindari makan tak terkontrol

Sarapan dengan baik akan menjaga tubuh dari rasa lapar berlebih, hal ini dapat mencegah makan berlebihan di tengah harinya. Makanan yang dikonsumsi saat sarapan mampu menahan lemak dan kalori tinggi dari makanan sepanjang hari. Saat meninggalkan sarapan, Anda akan cenderung mengalihkan rasa lapar dengan ngemil sepanjang pagi hingga menjelang makan siang. Dan hal ini mendorong kita mencari pelarian lain pada kopi atau minuman yang mampu meningkatkan energi.

Jadi, apapun menu yang Anda pilih untuk sarapan pagi, beri tubuh dan otak Anda energi yang dibutuhkan untuk dibawa sepanjang hari. Berlakulah baik pada diri sendiri, dan biasakan sarapan kepada keluarga terutama anak yang masih bersekolah.



CB Blogger Lab


Top