Monday, 6 October 2014

Tips Mencegah Gigi Keropos

Tabloiddokter.blogspot.com. Gigi yang keropos biasanya dialami oleh orang dewasa atau yang sudah memiliki gigi yang utuh. Sakit gigi dapat diatasi dengan menggunakan obat-obatan tetapi itu hanya sifatnya sementara saja,sebab apabila gigi kita mengalami kerusakan maka solusi yang terbaik adalah mencabutnya.

Untuk itu sebaiknya sebelum gigi kita mengalami kerusakan atau keropos , maka sebaiknya gigi mendapatkan perhatian yang serius.Berikut ini ada beberapa tips mencegah gigi keropos yang dapat anda ketahui:

1. Kurangi mengkonsumsi buah asam.


Orang yang memiliki gigi keropos menandakan dahulunya ia sering mengkonsumsi makanan asam seperti mangga, Kandungan asam pada buah - buah tertentu memberikan peran dapat mengeroposkan Gigi dengan cepat. Bila sulit mengurangi konsumsi Buah yang mengandung asam tinggi, maka sebaiknya gosok gigi hingga benar - benar bersih agar semua zat asam hilang dari gigi kita.


2. Perbanyak mengkonsumsi air mineral (air putih).

Banyak minum air dapat membantu memperbanyak produksi air liur anda yang berfungsi untuk membantu mengurangi kotoran - kotoran di dalam rongga mulut anda. Selain itu, bila air liur meningkat maka kandungan asam di dalam rongga mulut akan sedikit demi sedikit mulai di netralisir. Sebaiknya minum air putih  gelas Perhari.

3. Bersihkan gigi sehabis makan.

Sisa - sisa makanan yang menempel digigi dapat menyebabkan gigi kuning dan gigi menjadi mudah keropos. Usahakan menyikat gigi secara rutin dan teratur setiap selesai makan. Terutama bila telah makan asam, sebab asam dapat menyebabkan gigi cepat keropos.

4.  Hindari makanan sangat keras

Makan makanan keras sebenarnya baik untuk menjaga kekuatan gigi. Namun makanan yang sangat keras seperti biji popcorn dapat meretakkan gigi anda. Selain itu biji jambu biji juga dapat membuat gigi menjadi mudah retak. Jangan memaksakan gigi anda untuk mengunyah makanan yang sangat keras, sebab sama saja anda memakan batu yang tidak bisa dihancurkan gigi anda.

5. Menggunakan agen antibakteri bagi rongga mulut.


Anda dapat menggunakan obat kumur klorheksidin sebagai agen antibakteri bagi rongga mulut anda. Penggunaannya tidak boleh lebih dari 2 minggu berturut-turut.

Jagan pernah memamndang remeh akan kesehatan gigi, sebab apabila anda terserang penyakit gigi maka anda akan menagalami sakit yang sangat menyiksa dan akan menggaggu konsentrasi kerja anda sehari-hari.



CB Blogger Lab


Top