Tuesday, 2 December 2014

Manfaat Brokoli untuk Kesehatan

Marilah kita mengenal manfaat brokoli untuk kesehatan. Cukup mengenal kesehatan Anda dan menjaganya dengan buah atau sayuran seperti sayuran brokoli.

Rendah Kalori
Brokoli merupakan salah satu sayuran yang memiliki kalori yang cukup rendah, hanya diantara 30-34 kalori per 100 g. Brokoli dikenal dengan kaya serat, mineral, vitamin, dan anti oksidan. Kekuatan total antioksidan dapat diukur dari segi kapasitas penyerapan oksigen (ORAC), dan pada brokoli perbandingannya adalah 1632 umol TE/100 g.

Brokoli bermanfaat untuk antikanker

Brokoli segar adalah gudang nutrisi nabati seperti tiosianat, indoles, sulforaphane, isothiocyanate dan flavonoid seperti beta-karoten crypoxanthin, lutein, dan zea-zanthin. Senyawa ini memberikan sinyal positif dengan memodifikasi pada tingkat reseptor molekul membantu melindungi kita dari berbagai jenis kanker, seperti prostat, usus besar, kandung kemih, pankreas, dan kanker payudara.

Brokoli memiliki zat antioksidan alami yang kuat

Brokoli mengandung 89,2 mg atau sekitar 150% per 100 g (RDA). Vitamin-C adalah anti-oksidan dan modulatorkekebalan tubuh alami yang kuat, berguna membantu untuk melawan virus penyebab flu.

Mengandung vitamin A untuk kesehatan mata

Selain  mengandung antioksidan alami dari vitamin C , sumber antioksidan lain dari kepala brokoli adalah vitamin-A. 100 g Brokoli segar mengandung Vitamin A 623 IU, atau 21% dari tingkat kebutuhan harian yang direkomendasikan. Pro-vitamin lainnya pada brokoli seperti beta-karoten, alfa-karoten, dan zea-xanthin, berguna untuk membantu menjaga integritas kulit dan selaput lendir. Vitamin A penting untuk kesehatan mata, dan akan membantu mencegah degenerasi makula pada retina pada lanjut usia.

Daun Brokoli (pucuk hijau) merupakan sumber karotenoid dan vitamin A; (16000 IU vitamin A per 100 g) ,  senyawa ini lebih banyak beberapa kali dari yang di bunga.
Brokoli Sumber folat yang baik

Brokoli segar adalah sumber folat yang sangat baik , mengandung sekitar 63 μg/100 g (sebesar 16% dari RDA). Dari penelitian telah menunjukkan bahwa mengkonsumsi sayuran segar dan buah-buahan yang kaya folat selama sebalum, dan kehamilan dapat membantu mencegah cacat tabung saraf pada bayi.
Brokoli kaya vitamin K

Bunga brokoli merupakan sumber yang kaya vitamin-K, dan  kelompok vitamin  B-kompleks , seperti niacin (vit B-3), asam pantotenat (vit.B-5), piridoksin (vit.B-6), vitamin B-12, dan riboflavin. Bunga brokoli  juga mengandung asam lemak omega-3 selain ikan.
Sumber mineral yang baik

Brokoli juga merupakan sumber mineral yang baik, seperti kalsium, mangan, zat besi, magnesium, selenium, zinc dan fosfor.

CB Blogger Lab


Top