Saturday, 23 February 2013

Buah-buahan untuk Hipertensi

Membahas mengenai hipertensi atau tekanan darah tinggi, bukanlah asal-asalan namun benar-benar menekankan kepada penderita untuk tidak memakan makan yang menjadi tekanan darah itu naik. Konsumsilah buah-buahan tertentu, seperti buah buahan dibawah ini.

Buah pisang
Pisang mengandung kalium yang sangat tinggi. Ini menguntungkan penggemar pisang, karena kalium bisa menstabilkan tekanan darah. Cukup satu pisang sehari untuk mencegah tekanan darah tinggi. Mudah, bukan? pisang pun sangat mudah di temukan disekitar kita.

Buah Semangka
Semangka tak hanya menyegarkan karena mengandung air. Buah ini juga kaya akan nutrisi, seperti serat, lycopene, vitamin A dan kalium. Penelitian dari Florida State University menunjukkan bahwa asam amino yang ditemukan pada semangka, yang disebut L-citrulline atau L-arganine, bisa menurunkan tekanan darah.
Peneliti merekrut sembilan orang dengan pre-hipertensi dan meminta mereka mengonsumsi 6 gram asam amino L-citrulline atau L-arganine per hari selama enam minggu. Peneliti menemukan bahwa tekanan darah para partisipan mengalami penurunan dan kembali berfungsi baik.

Buah Naga
Buah naga yang aslinya berasal dari Meksiko ini kini sangat populer sebagai salah satu obat herbal hipertensi, termasuk di Indonesia. Salah satu pembuktiannya adalah penelitian oleh Universitas Padjajaran yang menyatakan bahwa buah naga memiliki khasiat membantu dalam proses penyembuhan penyakit darah tinggi. Hal ini karena buah naga mengandung banyak vitamin C, antioksidan flavonoid dan magnesium yang memiliki khasiat melenturkan arteri sehingga menjadi lebih rileks dan membuat tekanan darah menurun. Penderita darah tinggi juga sering disarankan untuk melakukan diet tinggi vitamin, antioksidan dan magnesium dengan alasan yang sama. Karena salah satu menu diet untuk hipertensi adalah buah-buahan segar, buah naga bisa menjadi alternatif yang baik untuk menyembuhkan hipertensi.

Alpukat
Asam oleat dalam alpukat dapat mengurangi tekanan darah tinggi dan kadar kolesterol. Mereka juga mengandung potasium dan folat, yang keduanya penting bagi kesehatan jantung.


CB Blogger Lab


Top