Tuesday, 26 February 2013

Efek Buruk Seringnya Minum Kopi yang Berlebihan

Kopi Merupakan salah satu minuman yang paling enak dan telah terpopuler di Indonesia. Kopi di indonesia mendapatkan tempat yang special dalam masyarakat, dan merupakan penghasil kopi dunia.

Pada dasarnya sesuatu yang berlebihan akan menghasilkan hal yang buruk dan berdampak negatif.

Dari sumber penelitian menyimpulkan bahwa, efek buruk dari minum kopi terlalu banyak adalah:

Gelisah
Salah satu efek samping kafein bagi kesehatan jiwa adalah memicu kegelisahan. Tidak semua orang mengalami efek samping ini, namun penelitian di University of Michigan membuktikan keparahannya bisa menyebabkan seseorang mudah tersinggung bahkan sampai tangannya gemetar.

Gangguan kardiovaskular
Jantung akan terasa berdebar-debar bila terlalu banyak minum kopi, karena dalam kadar tertentu kafein dapat mempengaruhi susunan saraf pusat di otak. Kafein juga dapat meningkatkan tekanan darah sehingga tidak dianjurkan untuk penderita hipertensi dan sakit jantung.

Sakit kepala
Beberapa jenis obat sakit kepala menggunakan campuran kafein karena dalam jumlah sedikit senyawa ini memang memiliki khasiat anti nyeri. Namun efek sebaliknya bisa muncul jika dikonsumsi terlalu banyak, misalnya minum lebih dari 2-3 cangkir kopi espresso atau 5-6 cangkir kopi biasa setiap hari.

Gangguan kencing
Saat sedang kedinginan di dalam ruangan berpendingin udara, menghangatkan diri dengan minum kopi bukanlah ide yang baik. Hawa dingin saja sudah menyebabkan kencing menjadi lebih sering, ditambah efek samping kafein sebagai diuretik maka beser akan tambah parah.

Gangguan pencernaan
Perut mulas dan rasa mual sering dikeluhkan saat minum kopi terlalu banyak. Bukan karena kopinya sudah basi, tapi kafein itu sendiri memang meningkatkan produksi asam di lambung sehingga tidak dianjurkan minum kopi sebelum makan.

Insomnia
Efek samping paling umum dari minum kopi terlalu banyak adalah tidak bisa tidur.

Minumlah kopi sekali dalam sehari jauh lebih baik dari minum kopi 3 x sehari.

CB Blogger Lab


Top