Sunday, 16 February 2014

Manfaat Just Tomat untuk Kesehatan

Tomat tentu sudah tak asing bagi masyarakat Indonesia. Reputasi tomat sebagai salah satu buah dan sayur yang menyehatkan juga sudah dikenal oleh banyak orang. Tomat yang mudah ditanam dan didapatkan, serta murah menjadi salah satu alasan mengapa sayuran ini wajib dikonsumsi untuk meningkatkan kesehatan.

Mungkin anda mengira tomat masuk dalam kategori sayuran, tapi sebenarnya tomat ini masuk dalam buah-buahan. Sama seperti teh buah tomat juga banyak sekali kegunannya, buah tomat bisa disayur, dibuat jus, bahkan bisa dimakan mentah-mentah. Manfaat dengan memakan buah tomat sendiri sangat banyak, karena tomat mengandung banyak nilai gizi.

Berikut ini manfaat dari just tomat bagi kesehatan:

1. Dapat menangkal penyakit kanker
Beberapa penelitian yang telah dilakukan menemukan bahwa ternyata dengan memakan buah tomat secara teratur dapat menghindari kemungkinan terkena penyakit kanker, terutama kanker prostat, kanker paru-paru, dan kanker lambung. Karena dalam buah tomat terdapat zat yang bernama lycopene. Nah, dengan memakan buah tomat dicampur minyak zaitun dapat membantu lycopene diserap tubuh lebih baik.

2. Dapat mencegah penyakit jantung
Di dalam buah tomat terdapat beberapa nutrisi seperti niacin, asam volat dan vitamin B6. Nutrisi penting ini sangat membantu dalam menangkal penyakit jantung. Dalam sebuah studi diungkapakan, perempuan yang memakan buah tomat 7-10 buah setiap minggunya 29% lebih rendah resiko terkena penyakit jantung dibandingkan dengan yang memakan hanya 1 buah tomat setiap minggunya.

3. Dapat mencegah peradangan
Dengan meminum segelas jus tomat setiap harinya maka dapat membantu mengurangi kadar TNF-Alpha sebesar 34%. TNF-Alpha ini salah satu penyebab peradangan. TNF-Alpha biasanya dapat ditemui pada penyakit degeneratif seperti penyakit jantung, kanker, osteoporosis dan Alzheimer.

4. Dapat mencegah kerusakan DNA dalam tubuh
Buah tomat mengandung Vitamin A dan Vitamin C, vitamin inilah yang dapat membantu menangkal radikal bebas sehingga otomatis dapat mencegah kerusakan DNA. Kerusakan DNA biasanya terjadi pada orang yang telah berumur yang menyebabkan asterosklerosis dan diabetes.

5. Dapat melindungi trombosis dalam darah
Jika anda suka meminum jus tomat 8 ons sehari maka akan melindungi darah anda dari trombosis. Trombosis itu sendiri adalah gumpalan darah di dalam pembuluh darah.

6. Dapat menjaga kesehatan Mata
Buah tomat yang telah masak memiliki kandungan vitamin A sebanyak 1500 SI. Itu artinya buah tomat sangat baik utnuk menjaga kesehatan mata anda. Mata membutuhkan vitamin A untuk membentuk sistem penglihatan yang baik, vitamin ini akan membantu mengkonversi sinyal molekul dari sinar yang diterima oleh retina untuk menjadi suatu proyeksi gambar di otak kita. Jika mata anda kekurangan vitamin A maka mata anda menjadi tidak sehat, misalnya gangguan penglihatan dan lain sebagainya.

7. Mencegah wasir dan sembelit
Mengapa buah tomat dapat mencegah wasir dan sembelit? Jawabannya adalah karena buah tomat kaya akan serat, sehingga mampu mengatasi gangguan pencernaan anda. Jika pencernaan bekerja dengan baik maka anda tidak akan mengalami wasir dan sembelit.

8. Menambah jumlah produksi sperma
Bagi anda kaum pria yang ingin memiliki sperma yang lebih banyak, cobalah untuk mengkonsumsi buah tomat. Buah tomat mengandung lycopene yang dapat membantu meningkatkan jumlah sperma, sehingga di prancis buah tomat dikenal dengan "pomme d'amour" atau apel cinta.

9. Membantu menurunkan demam
Buah tomat dapat menurunkan demam? Ya, buah tomat dapat membantu menurunkan demam karena mengandung antiperitik. Antiperitik adalah zat-zat yang dapat menekan suhu badan pada keadaan demam. 

Itulah beberapa manfaat dari just tomat bagi kesehatan semoga dapat bermanfaat.


CB Blogger Lab


Top