Thursday 13 February 2014

Manfaat Vitamin B2 (Riboflavin) Bagi Kesehatan


Vitamin B2 dikenal juga dengan nama atau riboflavin. Vitamin B2  adalah salah satu vitamin dari kelompok vitamin B. Vitamin B2 terdapat di dalam berbagai jenis bahan makanan dengan kandungan yang sangat beragam. Contoh makanan yang mengandung B2 antara lain kacang edamame, hati, kerang, daging, brokoli, jamur, asparagus, ikan salmon, dan alpukat.

Kekurangan vitamin B2 dalam tubuh bisa menimbulkan gejala-gejala seperti gangguan pengelihatan, masalah kulit, rambut berminyak, insomnia, gangguan fungsi syaraf, dan gangguan pencernaan.
Berikut bebeberapa manfaat utama vitamin B2.

1. Membantu metabolisme

Vitamin B2 berperan penting dalam produksi energi dengan membantu proses metabolisma karbohidrat, protein dan lemak.

2. Membantu Pertumbuhan

Vitamin B2 diperlukan dalam pertumbuhan jaringan tubuh seperti kulit, jaringan penghubung, mata, membran mukosa, sistem syaraf, dan sistem kekebalan tubuh. Vitamin B2 juga menjamin pertumbuhan kulit, rambut, dan kuku yang sehat.

3. Menyembuhkan Luka

Vitamin B2 berperan penting dalam memperbaiki jaringan yang rusak, sehingga membantu menyembuhkan luka dan cedera.

4. Melindungi Saluran Pencernaan

Vitamin B2 berperan membantu mempertahankan dan melindungi membran mukosa usus yang merupakan saluran pencernaan utama dalam sistem pencernaan. Salah satu gejala defisiensi vitamin B2 adalah timbulnya gangguan pencernaan.

5. Mengurangi Resiko Kanker

Vitamin B2 memiliki sifat antioksidan yang diperlukan tubuh untuk menangkal radikal bebas yang dapat menyebabkan kerusakan sel yang memicu mutasi sel. Mutasi sel dapat menyebabkan kanker. Vitamin B2 berperan membantu siklus glutathione yang melindungi sel terhadap radikal bebas.

6. Menjaga Kesehatan Mata

Vitamin B2 sangat diperlukan untuk menjaga kesehatan mata. Kekurangan vitamin B2 dapat mempengaruhi sensitivitas mata terhadap cahaya. Pemberian vitamin B2 merupakan salah satu cara perawatan gangguan kesehatan mata seperti mata lelah, katarak dan glaukoma.

7. Membantu Produksi Sel Darah Merah

Vitamin B2 diperlukan dalam pembentukan sel darah merah. Kecukupan produksi sel darah merah sangat vital bagi sistem sirkulasi yang sehat untuk membawa oksigen ke seluruh tubuh.

8. Melindungi Sistem Syaraf

Vitamin B2 dapat membantu mengobati berbagai masalah sistem syaraf seperti mati rasa, penyakit Alzheimer, multiple sclerosis, kecemasan dan epilepsi.

9. Membantu Penyerapan Vitamin dan Mineral

Vitamin B2 membantu penyerapan dan penggunaan vitamin B1, vitamin B2, vitamin B6, asam folat, dan zat besi.

10. Meningkatkan Imunitas

Vitamin B2 membantu meningkatkan imunitas alami tubuh dengan memperkuat antibodi.

11. Menjaga Kesehatan Kulit,Rambut dan Kuku

Vitamin B2 sangat penting untuk menjaga kesehatan kulit rambut dan kuku. Salah satu gejala defisiensi vitamin B2 adalah berbagai masalah gangguan kesehatan kulit, rambut, dan kuku seperti: bibir kering, dermatitis, rambut berminyak, kepala berketombe, dan kuku pecah.

12. Mencegah Jerawat

Vitamin B2 membantu meningkatkan sekresi mukus kulit sehingga dapat membersihkan bintil kulit yang biasanya menyertai jerawat.


0 comments:

Post a Comment

CB Blogger Lab


Top