Monday, 2 June 2014

Miliki Jantung Sehat dengan Berolah Ringan


Miliki Jantung Sehat dengan Berolah Ringan
Menjaga kesehatan jantung memang sangat penting, sebab jantung merupakan organ vital dalam tubuh manusia. Jantung yang sehat tentu akan dapat bekerja secara normal dan maksimal. Karena jantung sendiri berfungsi sebagai pemompa darah ke seluruh bagian tubuh kita. Oleh sebab itu apabila jantung kita bermasalah, maka segala yang dibutuhkan oleh tubuh kita akan mengalami hambatan.

Menjaga jantung agar tetap sehat sebenarnya sangat mudah,cukup dengan pola hidup yang sehat dan olahraga teratur anda akan terhindar dari resiko penyakit jantung hingga 50 persen.

Adapun olahraga ringan yang dapat anda lakukan adalah:

1. Bersepeda

Bersepeda dapat Anda lakukan sembari melihat pemandangan pagi yang indah. Selain berfungsi menurunkan kalori, bersepeda juga dapat memelihara keseimbangan tubuh, koordinasi anggota gerak badan dan kekencangan otot.

2. Jogging

Jogging merupakan olahraga yang murah meriah dan bisa Anda lakukan kapan saja. Jogging di sekeliling halaman rumah, berkeliling di jalanan komplek atau mengitari alun-alun dapat Anda lakukan. Waktu yang tepat adalah pada pagi hari saat polusi udara masih sangat minim serta udaranya yang masih terasa segar. Selain itu, pada pagi hari Anda juga mendapatkan bonus gratis sinar matahari pagi yang banyak mengandung vitamin D.

3. Aerobik ringan. 

Aerobik ringan bisa Anda lakukan di dalam rumah Anda melalui kaset. Hal ini tentunya jangan Anda lakukan secara berlebihan, lakukanlah secukupnya hingga Anda merasa bugar.

4.  Berenang

Olahraga ini tak hanya meningkatkan denyut jantung dan kesehatannya, air juga mampu memberikan resistensi multi-arah yang akan meningkatkan otot dan suara. Hal ini dikarenakan berenang mampu membuat seluruh anggota tubuh bergerak.

5. Tertawalah

Tertawa juga merupakan olahraga ringan, dengan tertawa, Anda menurunkan hormon stres yang diketahui dapat merusak lapisan pelindung pembuluh darah. Saat Anda sedang stres, jantung menerima adrenalin dalam dosis lebih besar. Hal ini dapat menyebabkan ketidaknormalan irama jantung dan bertambah lengketnya trombosit yang pada akhirnya mengakibatkan sempitnya arteri. Hormon yang dilepaskan saat seseorang depresi juga dapat mempengaruhi kesehatan jantung. Karena itu, penderita depresi harus mendapatkan pengobatan sesegera mungkin.

Dengan berolahraga secara rutin, maka jantung anda akan tetap sehat dan andapun akan merasa sehat,bugar dan hidup tetap enjoy dan jauh dari segala macam penyakit.




CB Blogger Lab


Top