Wednesday, 14 May 2014

10 Manfaat Gizi Buah Pisang

Pisang adalah salah satu buah yang sudah tidak asing lagi bagi lidah orang Indonesia. Buah yang dihasilkan oleh pohon yang memiliki batang berwarna hijau dan berair ini memiliki rasa yang manis dan juga mengenyangkan. Pohon pisang juga tergolong sangat mudah dibudidayakan, bahkan tak jarang kita melihat pohon psang tumbuh secara liar di pinggir-pinggir jalan atau di pekarangan rumah. 

Indonesia sendiri merupakan negara penghasil pisang terbesar keempat di dunia. Selain Indonesia, buah pisang juga banyak tumbuh di daerah tropis lain seperti Afrika Tengah, Amerika Selatan, dan Kepulauan Pasifik.

Adapun manfaat dari buah pisang tersebut diantaranya adalah:

1. Sumber Energi

Pisang merupakan buah yang mengandung cukup banyak energi, terutama karena kandungan karbohidrat, kalori, dan seratnya. Jumlah Kalori yang dihasilkan oleh seratus gram pisang hampir sama dengan jumlah kalori yang dihasilkan oleh 200 gram daging.

2. Meningkatkan Mood

Kandungan zat potasium dalam dalam buah ini berfungsi untuk menstabilkan detak jantung serta meningkatkan suplai oksigen ke otak sehingga mood dapat ditingkatkan dan stres pun dapat dihindarkan.

3. Meningkatkan Konsentrasi

Buah pisang sudah sejak lama dikenal mempunyai khasiat untuk meningkatkan konsentrasi, terutama bagi anak-anak dan remaja. Hal tersebut dikarenakan kandungan kalium dan vitamin B yang tinggi dalam buah ini mampu meningkatkan kemampuan koordinasi antarsaraf serta dapat mengalirkan lebih banyak oksigen ke otak. Buah pisang sendiri paling tepat dikonsumsi saat sebelum tidur.

4. Menyembuhkan Maag

Mengkonsumsi cukup pisang dapat meminimalisir resiko terkena iritasi lambung. Hal tersebut dikarenakan buah ini mengandung senyawa latek yang berfungsi untuk melapisi lambung dan melindunginya dari asam-asam korosif penyebab iritasi lambung termasuk maag.

5. Baik Dikonsumsi Ibu Hamil

Saat hamil, wanita membutuhkan lebih banyak asupan nutrisi daripada biasanya. Pisang adalah salah satu buah yang dianjurkan untuk ibu hamil. Buah pisang sangat penting untuk memenuhi kebutuhan energi pada ibu hamil, mempengaruhi perkembangan kecerdasan bayi, mencegah bayi lahir cacat, serta dapat mengatur kadar gula darah.

6. Mencegah Stroke dan Hipertensi

Pisang berfungsi untuk melancarkan peredaran darah sehingga tekanan darah menjadi stabil serta resiko terkena stroke pun dapat diminimalisir.

7. Kesehatan Tulang dan Gigi

Kalsium merupakan mineral yang kandungannya cukup tinggi dalam buah pisang. Kalsium sendiri berfungsi untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi. Jika kebutuhan kalsium terpenuhi, maka beberapa gangguan kesehatan seperti osteoporosis, osteomalasia (pelunakan tulang bayi), serta kerusakan gigi dapat dihindarkan.

8. Cocok Untuk Diet

Pisang merupakan buah padat nutrisi dan bisa dibilang memiliki kandungan gizi yang lengkap. Diet pisang merupakan salah satu metode diet yang cukup dianjurkan. Caranya adalah, anda cukup mengkonsumsi 3-4 buah pisang saat sarapan, lalu silahkan makan seperti normal saat makan siang dan malam. Buah ini sangat cocok untuk diet karena mengandung karbohidrat kompleks yang dapat memasok cukup energi bagi tubuh serta memberikan efek kenyang lebih lama.

9. Mencegah Kurang Darah

Buah pisang mengandung cukup zat besi yang dapat memenuhi suplai pembentukan sel darah merah pada tubuh. Penderita anemia sangat disarankan untuk mengkonsumsi paling tidak dua buah pisang setiap hari.

10.  Mengngandung Vitamin C

Sebagaimana buah lainnya, pisang juga kaya akan vitamin C. Satu buah pisang mengandung sekitar 10mg vitamin C atau sekitar 15 persen dari rekomendasi vitamin C harian.

CB Blogger Lab


Top