Thursday, 1 May 2014

Kenali Gejala-Gejala Tifus dan Pengobatannya

Demam tifoid, atau typhoid adalah penyakit yang disebabkan oleh bakteri Salmonella enterica, khususnya turunannya yaitu Salmonella Typhi. Penyakit ini dapat ditemukan di seluruh dunia, dan disebarkan melalui makanan dan minuman yang telah tercemar oleh tinja.

Penyakit Rickettsia atau tifus adalah berbagai penyakit yang disebabkan oleh bakteri familia Rickettsiae. Penyakit ini disebarkan oleh arthropoda, khususnya kutu, tungau, dan caplak. Tiga jenis typhus utama adalah tifus epidemik, tifus endemik, dan tifus belukar. Jenis lain tifus yang juga sering ditemukan adalah penyakit Brill-Zinsser, yang merupakan tifus epidemik yang muncul kembali setelah bertahun-tahun sembuh. Tifus epidemik dan penyakit Brill-Zinsser disebabkan oleh bakteri .

Rickettsia prowazekii. Tifus epidemik disebarkan oleh kutu badan. Tifus endemik disebabkan oleh bakteri Rickettsia typhi, yang disebarkan oleh kutu. Tifus belukar disebabkan oleh bakteri Rickettsia tsutsugamushi (dahulu bernama Orientia tsutsugamushi), dan disebarkan oleh tungau dan caplak. Jenis tifus lainnya antara lain demam berbintik gunung Rocky, Rickettsialpox, demam Boutonneuse, tifus caplak Siberia, tifus caplak Australia, dan demam berbintik Oriental.

Adapun gejala dari demam tifoid adalah:

1. demam tinggi dari 39° sampai 40 °C (103° sampai    104 °F) yang meningkat secara perlahan
2. tubuh menggigil
3. sakit kepala
4. sakit perut
5. kehilangan nafsu makan
6. denyut jantung lemah 
7. badan lemas
8. konstipasi
9. pada kasus tertentu muncul penyebaran vlek       merah muda
10.Bibir mengalami pecah-pecah, kering serta    mengalami peradangan pada tenggorokan
11.Adanya bau tak sedap pada mulut.

Adapun cara pengobatan/perawatan penyakit tipes bisa diatasi dengan  Antibiotika, seperti ampicillin, kloramfenikol, trimethoprim-sulfamethoxazole, dan ciproloxacin.

Pengobatan.

Obat antibiotik untuk tifus adalah golongan chloramphenicol atau thiampenicol seperti misalnya tersedia dalam merak Biothicol,  Genicof-SOO, Sendicol, Thiambiotic, Thiamet, Thiamycin, dll. Biasanya ditambahkan antibiotik dari golongan Amoxicillin untuk memperkuat.

Pembawa kuman ini berbahaya jika profesinya pramusaji atau orang yang kerjanya menyiapkan makanan dan minuman jajanan (food handler). Sekarang tipus bisa dicegah dengan imunitas tipus. Penyakit tipus di Indonesia masih banyak. Cara pencegahannya yaitu menerapkan pola hidup bersih. Mereka yang punya risiko tinggi tertular, tidak salahnya ikut vaksinasi.


CB Blogger Lab


Top