Wednesday, 7 May 2014

Mengenal Penyebab Terjadinya Asam Urat

Asam urat adalah salah satu penyakit yang merupakan akibat dari konsumsi zat purin secara berlebihan. Dimana Purin yang diolah tubuh menjadi asam urat. Namun jika menghasilkan kadar asam urat berlebih, maka ginjal tidak mampu mengeluarkan dan menyebabkan kristalisasi asam urat menumpuk di persendian. Akibatnya sendi terasa nyeri, bengkak dan meradang.

Penyakit asam urat ini disebabkan oleh banyak faktor, diantaranya disebabkan karena asupan makanan yang mengandung zat purin, zat purin ini yang mengendap didalam tubuh dan menyebabkan rasa sakit pada persendian Anda gejala ini disebut penyakit asam urat.

Sering kali penderita asam urat ini mengalami linu pada persendian yang dialami sacara mendadak. Biasanya rasa nyeri itu mulai terasa ketika bangun tidur, baik pada waktu tidur dimalam hari ataupun siang hari dan rasa nyeri pada sendi ini terjadi berulang kali. Tanda lain yang juga bisa menandakan anda menderita asam urat adalah terjadi peradangan dan berwarna kemerahan pada bagian yang merasa nyeri atau linu 

Faktor penyebab Asam Urat

Secara umum,penyebab penyakit asam urat adalah: 

1. pemecahan sel-sel tubuh secara terus-menerus yang didukung oleh produksi dan konsumsi makanan yang banyak mengandung purin sehingga tubuh tak mampu lagi untuk mengendalikan purin yang menyebabkan asam urat itu timbul. 

2. konsumsi makanan yang banyak mengandung purin, namun dapat pula disebabkan oleh metabolisme tubuh yang tidak sempurna dan bekerja dengan optimal.

3. kegagalan ginjal yang memaksa sel tubuh untuk mengeluarkan asam urat melalui urine. 

Pada umumnya penyakit asam urat hinggap pada mereka yang berusia lanjut baik pria maupun wanita, namun dari banyaknya kasus penyakit asam urat ini, penyakit asam urat tidak hanya diderita oleh mereka yang berusia lanjut. Menurut survei asam urat tidak mengenal batasan usia, asam urat pun dapat menyerang mereka yang masih dalam usia muda, remaja bahkan anak-anak. 

Akibat kadar asam urat dalam tubuh yang meningkat dan berlebihan itulah yang menjadi penyebab utama dari penyakit asam urat itu sendiri. Hal ini disebabkan karena mengonsumsi beragam jenis makanan yang memiliki kandungan asam urat tinggi. Makanan seperti eroan, Ekstrak daging seperti abon dan dendeng, Makanan kalengan seperti sarden, Daging kambing, daging sapi, daging kuda, Bebek, angsa, kalkun, Kacang-kacangan dan beragam makanan yang bisa meningkatkan kadar asam urat dalam tubuh.

CB Blogger Lab


Top