Monday, 12 May 2014

Tips Agar Tulang Tidak Mudah Keropos

Tulang merupakan salah satu organ terpenting manusia,oleh karena itu kita harus benar-benar menjaga dan mempelihara kesehatannya.Memiliki tulang yang kuat dan tidak keropos  merupakan investasi yang penting di kemudian hari. Tulang keropos dan jalan terlihat bungkuk merupakan salah satu akibat dari kurang  menjaga dan mempelihara kesehatan tulang. Kesehatan tulang sangat penting dijaga karena tulang merupakan organ penopang tubuh manusia. Dan tulang bisa dikatakan sebagi organ vital manusia.

Selain karena faktor usia, penurunan kepadatan tulang juga dipengaruhi oleh perilaku hidup. Misal, kebiasaan merokok dan mengonsumsi minuman alkohol, terlalu banyak mengonsumsi minuman yang mengandung kafein, atau makanan yang mengandung garam tinggi, serta kurang berolahraga.

Berikut ini ada beberapa tips agar tulang kita tidak mudah keropos:

1. Memakan makanan yang banyak mengandung kalsium

Memang kalsium merupakan unsur utama untuk menjaga tulang yang kuat. Setiap orang dianjurkan mengkonsumsi 1000 atau 1200 mg kalsium perhari. Kalsium bisa didapatkan dari sayuran hijau gelap, yogurt, keju atau macam-macam makanan yang mengandung keju, susu dan segala produknya, ikan sarden dan ikan lain yang biasanya dapat dimakan bersama tulangnya, sereal, jus jeruk, kedelai dan segala produknya, dan roti yang mengandung biji-bijian.

2. Memiliki Gaya Hidup Aktif dan Mobile

Memiliki Gaya hidup aktif.Beberapa olahraga yang dianjurkan seperti latihan beban, jalan cepat, menaiki tangga, yoga, menari dan olahraga raket. Hanya 30 sampai 45 menit dari salah satu kegiatan di atas akan memenuhi kebutuhan latihan harian kita.

3.  Buang Kebiasaan Buruk

Cobalah untuk menghindari merokok dan minum alkohol serta batasi asupan kopi menjadi 2 cangkir sehari karena berbahaya bagi kepadatan tulang. Tulang melakukan regenarasi dan mencapai puncak massa tulang sekitar 30 tahun. Seusai itu, tulang menjadi lebih tipis dan rapuh tanpa gizi yang cukup dan olahraga teratur. Tidak peduli berapa usianya, orang seharusnya aktif menjaga tulang jika ingin tetap aktif sampai esok.

4. Mencukupi kebutuhan Vitamin D

Untuk mendapatkan vitamin D, cukup melalui paparan sinar matahari selama 10 sampai 20 menit. Jika kesulitan untuk keluar rumah, bisa mendapatkan vitamin D dari ikan berminyak seperti salmon dan tuna, minyak ikan kod dan sari jeruk.

5. Mengetahui Tingkat Risiko Osteoporosis

Dengan Mengetahui Tingkat Risiko Untuk Osteoporosis Kita dianjurkan untuk menyelidiki sejarah keluarga yang pernah mengalami patah tulang karena keropos atau osteoporosis. Atau dapat melakukan bone scan untuk mengetahui kesehatan tulang.

Itulah beberapa tips agar tulang kita tidak mudah keropos semoga bermanfaat bagi kita semua.

CB Blogger Lab


Top