Tuesday, 6 May 2014

6 Tanda Sakit Jantung pada Wanita

Pada beberapa kasus, serangan jantung pada wanita tampak seperti gejala sakit maag. Penderita merasa mual, ingin muntah, dan nyeri pada lambung layaknya sakit maag. Sementara ada juga yang merasa nyeri di dada kiri yang kemudian menyebar ke leher dan punggung, tetapi mengartikannya sebagai gejala keganasan payudara.

Ciri-ciri serangan jantung pada wanita kerap kali tidak spesifik. Tanda ini tidak selalu berwujud nyeri seperti tertekan di dada kiri, yang kemudian menyebar ke lengan, punggung, atau leher, layaknya pada pria.

Sebuah penelitian menyatakan, 43 persen wanita yang mengalami serangan jantung tidak menunjukkan gejala yang khas. Erick mencontohkan, pada kasus serangan jantung yang  mirip sakit maag, kemungkinan yang terserang adalah jantung bagian bawah (inferior). Bagian ini relatif lebih dekat dibanding jantung bagian posterior.

Penelitian juga menunjukkan, gejala yang kerap ditemukan pada wanita yang mengalami serangan jantung adalah napas pendek atau sesak, lemah, dan letih tanpa tahu penyebabnya.

Berikut ini ada beberapa tanda gejala sakit jantung pada wanita diantaranya:

1. Dada tidak selalu nyeri

Gejala sakit jantung sebenarnya bukan cuma dada yang terasa nyeri. Terutama pada wanita, beberapa gejala seperti gangguan pencernaan hingga sulit bernapas tanpa disertai dada nyeri juga bisa menjadi indikasi adanya sakit jantung.

2. Insomnia Kronis

Sulit tidur setiap malam atau sering terbangun ketika beristirahat juga sebaiknya tidak disepelekan. Sebab sebuah penelitian pernah menyebutkan kalau wanita yang sakit jantung sebelumnya kerap terganggu tidurnya di malam hari.

3. Lelah berlebihan

Semua orang wajar jika merasa lelah setelah beraktivitas. Namun sekarang rasa lelah yang berlebihan bisa berarti banyak hal. Misalnya kurang tidur, sedang demam, reaksi obat, sampai gejala dari sakit jantung.

4. Warna Kulit

Beberapa wanita biasanya mengalami perubahan warna kulit menjadi abu-abu pucat sebelum terkena serangan jantung. Jadi ketika menyadari gejala seperti ini, ada baiknya wanita segera berkonsultasi dengan dokter.

5. Gejala mirip Flu

Rasa sesak di dada, pusing, mual, muntah, hingga pingsan biasanya diindikasikan sebagai gejala flu. Tetapi sebenarnya hal itu juga bisa menjadi petunjuk akan adanya gejala sakit jantung yang diderita wanita.

6. Cemas serta Stres.

Cemas serta stres ahli kesehatan jantung setuju, stres merupakan penyebab utama berlangsungnya serangan jantung. pada penelitian tersebut, beberapa wanita yang dulu alami serangan jantung bercerita stres yang dihadapi lebih khas.

Jadi sebelum menunjukkan gejala-gejala yang sudah disebutkan, cobalah menjalani gaya hidup sehat untuk mencegah penyakit jantung.

CB Blogger Lab


Top