Sunday, 4 May 2014

Manfaat Buah Salak untuk Kesehatan

Salak merupakan tanaman tropis yang tumbuh subur dan berkembang seperti di daerah kita. Tanaman berduri ini sudah lama terkenal di Indonesia bahkan saking familiarnya dibeberapa daerah sangat terkenal dengan membawa sebutan asal nama salak bersasal seperti salak bali, salak pondoh, salak codet, salak suwaru, Salak Bangkalan dan lainya.

Selama ini masih banyak persepsi mengatakan salak adalah buah murahan dan tidak mempunyai gizi yang tinggi. Dan ternyata hal tersebut salah, sebetulnya Manfaat Buah Salak sangat banyak dan salah satunya mempunyai serat yang tinggi dan dapat mengobati berbagai penyakit. 

Dengan serat tersebut salak lebih unggul dari buah-buahan yang lainnya, misalkan buah mangga, salak lebih tinggi kadar gizinya. Maka tak heran jika salak sangat baik dan banyak manfaat untuk kesehatan bagi yang sering mengkonsumsinya secara teratur.

Adapun manfaat buah salak bagi kesehatan adalah:

1. Menjaga kesehatan mata

Buah salak mengandung betakaroten yang sangat baik untuk menjaga kesehatan mata. Dan salak juga lebih besar 5,5 kali dari buah mangga dan 5 kali lebih besar dari semangka.

2. Membantu Diet

agi anda yang ingin menguruskan badan atau Diet, maka buah salak baik untuk anda kosumsi. Dengan kandunga fitonutrien yang ada di dalam salak dapat membantu diet anda. Salak juga mempunyai 2mg Vitamin C. Kenapa serat bisa membantu? karena serat bisa membuat anda lebih cepat kenyang dan tahan lama.

Namun perlu diketahui,mengkonsumsi terlalu banyak dalam sehari akan berdamapak semblit atau susah buang air besar. Dan mengkosumsi buah salak yang benar dalam satu hari adalah sekitar 4-5 buah saja. Ketika memakan buah salak, banyak orang mengelupas atau membersihkan kulit ari salak. Dan hal tersebut salah, bahkan di kulit arinya mempunyai serat tinggi. Jadi, jika sekarang anda ingin mengkosumsi buah salak, janganlah lagi membuah kulit arinya.

3. Obat Diare

Ketika anda tidak berhenti-henti BAB atau Diare sebaiknya anda mengkosumsi buah salak ini, karena salak mempunyai serat yang tinggi sehingga dapat mampu mengobati diare.

4. Sebagai cemilan sehat.

Salak sering dijadikan sebagai buah yang biasa dihidangkan di meja. Rasanya ada yang manis, asam, sepat, atau campuran ketiganya. Selain rasanya yang enak dan segar ketika dimakan, buah ini juga memiliki kandungan gizi yang bermanfaat untuk kesehatan.


CB Blogger Lab


Top