Tuesday, 30 July 2013

Penanganan Tepat Untuk Kerusakan Tulang

Patah tulang atau Fraktur tulang sering disebabkan oleh beberapa hal seperti jatuh, benturan kecelakaan lalu lintas, cidera saat olahraga, dan lain sebagainya,  patah tulang seperti ini harus ditangani secara cepat dan tepat untuk mencegah kerusakan tulang lebih lanjut ataupun jaringan tubuh yang terletak di dekat area tulang yang patah ini tidak akan terjadi.

Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk menangani patah tulang karena cidera. Contohnya adalah sebagai berikut :

Sesaat setelah terjadi cidera, jika diduga ada kerusakan tulang yang berupa patah tulang terjadi, penanganan pertama yang harus dilakukan adalah tentu saja mmbawa si pasien ke rumah sakit terdekat guna mendapatkan pengecekan x-ray.

Fungsi dari pengecekan x-ray ini adalah untuk memastikan mengenai benar atau tidaknya terjadi patah tulang setelah cidera.

Jika ternyata hasil pengecakan dari x-ray menunjukkan tulang ada yang patah, segera bungkus menggunakan gips. Fungsi gips adalah untuk mencegah pergeseran tulang yang mungkin memicu kerusakan yang lebih parah. Tetapi jika kerusakan tulang yang ditunjukkan tergolong para, tentu gips saja tidak akan cukup.  Dalam kasus seperti ini operasi pemasangan pen dibutuhkan untuk mengembalikan keadaan tulang seperti semula.

Selain penanganan secara medis yang disebutkan sebelumnya, tentu saja ada cara lain untuk membantu mempercepat penyembuhan tulang pada pasien. Yaitu dengan makan makanan yang mengandung banyak kalsium.

Sebenarnya saat  tulang patah akan bisa kembali seperti semula dengan bantuan kalsium cadangan yang terdapat pada tulang. Tetapi, perlu diketahui bahwa cadangan kalsium pada tulang anak yang dalam masih perkembangan memanglah banyak, dan orang yang sudah lanjut usia sedikit memiliki cadangan kalsium ini. Dan cadangan kalsium ini tidaklah selalu tersedia, oleh karena itu makanan yang mengandung banyak kalsium sangat dibutuhkan untuk membantu penyembuhan patah tulang.

Kesimpulannya adalah dengan asupan kalsium yang cukup, maka produksi cadangan kalsium di dalam tubuh dapat terpenuhi.

CB Blogger Lab


Top