Thursday, 4 July 2013

Manfaat Berolah Raga Bagi Remaja

Mengapa olahraga sangat dianjurkan di usia remaja? Disaat remaja adalah masa proses pertumbuhan hormon dan pembentukan kekuatan tulang, untuk meningkatkan kualitas bentuk tubuh pun yang menjadi acuannya adalah  berolahraga. Disini bukan berarti di usia dewasa tak butuh olahraga. Olahraga sangat penting untuk kesehatan, bukan hanya sekedar mengisi waktu luang.

Bagi para remaja, olahraga sangat disukai untuk mengisi waktu luang, hanya sekedar main dan menyehatkan tubuh. Permainan olahraga yang saat ini masih digemari adalah futsal, basket, badminton, tenis meja dan lainya juga yang menarik antusias para remaja untuk berolahraga. Kebanyakan para remaja mungkin tidak semua tahu manfaat olahraga bagi mereka karena menurut mereka olahraga membuat sehat serta menyenangkan ketika bersama teman.

Mari kita ketahui mengenai manfaat berolahraga untuk tubuh.

1. Olahraga mencegah Obesitas
Obesitas biasanya paling berpotensi pada usia remaja dimana saat manusia menginjak usia remaja akan membutuhkan banyak asupan makanan seriring dengan padatnya aktivitas mereka. Mereka yang obesitas cenderung kurang percaya diri terhadap pergaulan teman sepermainanya. Sebenarnya obesitas bukanlah menjadi penghalang dalam pergaulan. Olahraga dapat berguna untuk mencegah obesitas untuk anda yang masih remaja, cobalah berolahraga minimal 30 menit setiap hari agar obesitas dapat dihindari.

2. Olahraga dapat membuat tubuh menjadi fleksibel dan meningkatkan koordinasi tubuh.
Dengan tubuh yang fleksibel, dapat membantu kita untuk melakukan aktivitas dan berolahraga. Bagi para remaja, olahraga dapat meningkatkan kekuatan otot serta meningkatkan kualitas postur tubuh sehingga memperbaiki penampilan anda. Untuk meningkatkan koordinasi tubuh anda dapat melakukan seperti senam, yoga dan lain-lain.

3. Olahraga dapat mendukung pertumbuhan tulang dan otot.
Olahraga selain menyehatkan juga membantu pertumbuhan tubuh dan otot anda karena saat remaja adalah masanya pertumbuhan. Jika olahraga dilakukan secara rutin maka akan berdampak positif bagi tubuh serta pertumbuhan. Dengan berolahraga tulang akan kuat sehingga saat anda usia dewasa maupun tua jika anda berolahraga akan mencegah osteoporosis dan menghindari keropos pada tulang. Bermain basket, bersepeda dan berenang adalah olahraga yang dapat dilakukan untuk membentuk tulang dan otot.


CB Blogger Lab


Top