Wednesday, 8 April 2015

Ihhhh..... Sate Dapat Menyebabkan Kanker


Ada kabar yang kurang mengenakkan bagi para penggemar sate. Menurut penelitian makanan khas Indonesia ini adalah salah satu pemicu berkembangnya sel kanker di dalam tubuh manusia.  Mengerikan sekali bukan! Namun begitu, jangan langsung mencoret makanan ini dalam menu favorit Anda. Ketahui dahulu bagaimana makanan ini dapat menjadi pencetus timbulnya penyakit tersebut dan bagaimana cara melakukan pencegahannya.
www.freedigitalphotos.net
Seperti kita ketahui sate diproses dengan cara dibakar dengan menggunakan arang. Karena diproses dengan cara itulah, ada bagian-bagian sate yang gosong karena pembakaran terlalu berlebihan. Namun, biasanya justru bagian yang gosong memberikan sensasi yang berbeda bagi lidah. Kita langsung saja mencaploknya tanpa perlu membuang bagian tersebut. Apalagi jika sudah dicampurkan dengan bumbu sate lalu dimakan dengan bawang. Rasanya makin maknyosss.

Namun faktanya adalah ketika daging sudah menggosong, daging yang awalnya baik bagi kesehatan berubah seketika menjadi bahan yang bersifat karsinogenik, yaitu agen yang menyebabkan timbulnya sel-sel kanker dalam tubuh.

Nah jika sudah begitu, berarti bukan hanya sate saja yang menyebabkan kanker. Berarti semua makanan yang dibakar dapat menyebabkan kanker, dari ikan bakar, ayam bakar, hingga steak.Ya Anda benar sekali. Bahkan bukan hanya makanan yang dipanggang saja yang bisa menyebabkan kanker, melainkan makanan yang digoreng pun dapat menyebabkan kanker jika makanan tersebut gosong. Oleh karena itu, usahakan memasak dengan sempurna sehingga tak ada bagian-bagian yang gosong.

Namun sulit jika tidak ada bagian-bagian gosong jika cara memasaknya adalah dengan cara dipanggang. Apalagi jika pembakarannya dilakuakan sangat tradisional,  seperti cara panggang tukang sate yang menggunakan arang dan kipas manual ini. 

Ini Cara Mencegahnya
Masa iya kita harus membuang makanan-makanan tersebut dari menu favorit kita?  Tentu saja tidak, sayang sekali jika kita berhenti mengunyah sate madura hingga sate padang. Lakukan saja hal-hal berikut agar Anda terhindar dari penyakit ini.

  1. Sebelum makan, pisahkan bagian-bagian yang gosong tersebut di pinggir piring Anda. Hal ini untuk meminimalkan masuknya zat-zat karsinogenik ke dalam tubuh Anda. Usaha ini tentunya membutuhkan kesabaran apalagi jika Anda memakan sate yang ukuran dagingnya biasanya mini.
  2. Makanlah mentimun setelah memakan makanan yang dibakar. Mentimun mengandung saponin, yaitu zat anti-kanker. Saponin terdapat pada bagian pahit mentimun. Oleh karena itu, jangan buang bagian ujung mentimun yang terasa pahit. Makan saja supaya bisa menangkal penyakit yang belum ditemukan obatnya ini.

Sekarang tak perlu takut untuk memesan makanan-makanan tersebut. Lakukan saja dua hal tersebut agar terhindar dari penyakit. Just enjoy the living with the delicious food!




CB Blogger Lab


Top