Tuesday, 29 May 2012

Jangan Menyerah


Memiliki harapan merupakan sesuatu yang sulit ketika kita berada di titik terendah dalam kehidupan kita. Mimpi indah yang pernah kita deklerasikan hanya menjadi harapan semu yang seakan tidak akan pernah terwujud. Rasa putus asa kemudian menghantui kehidupan kita. Jika tidak dapat bangkit kembali, kita akan menjadi pecundang yang akan terus menangisi dan menyesali kehidupan.

Namun hal tersebut tidak terjadi pada Chris Gardener, seorang tunawisma yang bermetamorfosis menjadi seorang milyader di Amerika Serikat. Awalnya dia merupakan seorang sales alat roentgen dengan kehidupan ekonomi yang biasa saja. Hingga pada suatu hari, dia terinspirasi oleh seorang broker saham yang hidup berkelimpahan. Tanpa pengalaman dan pengetahuan yang cukup tentang saham dia bermimpi untuk menjadi broker.

Istrinya meremehkannya bahkan pergi meninggalkan ketika dia berada di masa-masa yang sulit. Namun hal tersebut tidak membuat harapannya padam. Dengan berbagai usaha, akhirnya dia memperoleh pendidikan untuk dapat mewujudkan impiannya. Namun sayangnya, dalam masa pendidikan tersebut dia tidak memperoleh gaji .

Pada masa itu, dia tidak memiliki uang untuk membayar apartemen. Hingga dia usir dari apartemennnya dan menjadi tunawisma. Setiap malam dia dan anaknya mencari rumah singgah untuk sekadar berbaring. Jika tidak mendapatkannya, Chris Gardner akan memangku dan memeluk anaknya hingga tertidur lelap di toilet dingin di stasiun kereta api hingga matahari bersinar keesokan harinya. Kehidupan menjadi semakin berat ketika mereka juga kesulitan untuk memperoleh makanan.

Gardner tidak pernah putus asa. Dia giat belajar sambil terus mengasuh anaknya sepanjang hari. Motivasinya terus terbakar sehingga harapan terwujud menjadi kenyataan. Dia adalah orang yang pantang menyerah. Akhirnya dia menjadi peserta terbaik dan memperoleh kesempatan menjadi seorang karyawan di sebuah perusahaan saham. Di sana dia berkarier dan akhirnya memperoleh jabatan dan pendapatan yang baik. Singkat cerita dia dapat membangun kerajaan bisnisnya sendiri dan akhirnya menjadi miliarder.

Hidup merupakan suatu proses panjang yang membentuk kita menjadi insan yang kuat. Namun sering kali, di tengah perjalanan kita merasa tidak mampu dan kuat. Kemudian kita memutuskan untuk berhenti dan segera membuang harapan dan impian kita.

Kita harus belajar banyak dari Chris Gardner. Ketika masalah ekonomi dan sosial berkombinasi menjadi rintangan hidup yang begitu sulit. Dia tidak pernah putus asa. Dia berkomitmen untuk meneruskan langkahnya walaupun sering kali dia terjerembab. Perlahan namun pasti dia bangkit dan berjalan selangkah demi selangkah menuju tujuan yang telah ditetapkan

Siapa yang menyangka tunawisma tersebut kemudian menjadi salah seorang yang paling kaya di Amerika Serikat. Di titik terendah dalam kehidupannya Chris Gardner mengelola emosinya menjadi sesuatu yang positif. Dia selalu memiliki harapan karena memiliki mimpi untuk keluar dari kondisi yang sulit.

Jadi, jangan pernah berhenti berharap ketika kita terkurung di dalam sebuah masalah yang besar. Semua ada solusinya, tetapi dibutuhkan perjuangan yang besar untuk melaksanakannya. Selamat berjuang dan peroleh kehidupan yang lebih baik. 

credit:vemale.com
 

CB Blogger Lab


Top