Tuesday, 29 May 2012

Lakukan Sekarang!


Umur sering kali menjadi penghalang ketika kita ingin memulai melakukan “sesuatu” dalam kehidupan kita. Kata-kata seperti “aku masih terlalu muda” atau “aku sudah terlalu tua” acap kali menjadi alasan seseorang menghentikan langkah untuk mewujudkan impian dan harapannya.

Berbeda dengan Kolonel Harland Sanders, pemilik waralaba Kentucky Fried Chicken. Di usia yang tidak muda lagi, yaitu 66 tahun, dia masih memiliki semangat untuk kehidupan yang lebih baik. Pada masa itu, pensiunan tentara tersebut hidup dalam keadaan keuangan yang morat-marit. Namun dia tidak pasrah dan menerima saja uang santunan yang diberikan negara untuk lansia sepertinya. Dia kemudian bangkit dan mencoba membangun bisnis waralaba ayam gorengnya.

Dengan sisa-sisa kekuatannya, dia menjual semua barang yang dimilikinya. Kemudian dia berkendaraan beribu-ribu mil menuju negara-negara bagian lain untuk mengunjungi banyak restoran. Di sana dia memasak ayam goreng yang gurih dengan 11 bumbu rahasia untuk pemilik dan para pekerja restoran. Jika mereka terkesan akan rasa dan kerenyahan ayam gorengnya, dia akan menawarkan bisnis waralaba ayam gorengnya. Seribu restoran telah dikunjungi, tetapi tak ada satu restoran pun yang tertarik untuk menerima tawaran tersebut.

Namun, usaha tidak akan pernah sia-sia jika dilakukan dengan sungguh-sungguh. Restoran ke-1008 menyambut tawaran kerja sama kakek tua tersebut. Siapa yang menyangka bertahun-tahun kemudian ayam gorengnya dapat dinikmati di 80 negara di seluruh dunia. Bisnisnya berkembang dengan pesat hingga sekarang.

Semangat tersebut juga dirasakan oleh Toyo Shibata, nenek yang berasal dari Jepang. Di usianya yang hampir 100 tahun dia berhasil meluncurkan buku yang berjudul Don't Be Frustated yang terjual lebih dari 1.500.000 eksemplar. Ketika orang-orang seusianya kehidupannya bergantung kepada orang lain karena penurunan fisik dan pikiran, Nenek Shibata masih dapat menjadi orang yang sangat produktif. Hal tersebut karena semangat dan daya juang yang memicunya menghasilkan karya yang besar dan fenomenal dan dunia pun mengakuinya.

Mark Zuckerberg memiliki kisah yang juga menarik. Di usia yang masih sangat muda dia memutuskan untuk meninggalkan bangku kuliahnya di Harvard University. Kemudian dia menyewa rumah kecil dan merombaknya menjadi kantor dan mulai membangun bisnisnya. Dari sana dia mulai mengembangkan jejaring sosial Facebook yang nantinya akan membawanya menjadi salah satu orang yang paling kaya versi majalah Forbes di usianya yang ke-27. Selain Zuckerberg, masih banyak deretan miliarder yang berhasil mencapai kesuksesan yang gemilang di usia yang masih sangat belia.

Tidak ada kata terlambat atau terlalu cepat untuk sebuah keberhasilan. Jangan katakan Anda tidak berpengalaman atau tubuh Anda sudah terlalu renta untuk melakukan sesuatu, apalagi menghasilkan sebuah karya yang besar.

Jangan sia-siakan hidup Anda dengan hanya duduk berdiam diri, tanpa melakukan apa-apa. Berapa pun umur Anda saat ini, lakukan yang terbaik dalam kehidupan Anda. Jangan pernah menunda apa yang akan Anda perbuat dan segera realisasikan ide brilian yang ada di otak Anda menjadi sebuah tindakan nyata dalam kehidupan. Kerjakan saat ini juga!

credit:indiereader.com
 

CB Blogger Lab


Top