Thursday, 29 January 2015

Panduan Makan Sehat di Restoran Padang

Menjamurnya katering makan sehat memperkuat mitos bahwa makan sehat itu susah dan mahal. Ada juga anggapan jika Anda makan di restoran padang setiap hari, kadar kolesterol Anda akan meningkat dan Anda juga pasti akan menggemuk. Tahukah Anda jika dua hal tersebut sama sekali tidak benar.

Itu hanya sekadar mitos dan anggapan yang salah. Tubuh yang sehat dan langsing sama sekali tidak tergantung di mana Anda makan. Bahkan ketika Anda harus terpaksa makan di warung padang setiap hari, Anda akan tetap langsing jika mengikuti aturan makan sehat berikut ini.

Pilih Makanan yang Sehat
Ada  banyak sekali pilihan lauk yang disediakan di warung padang. Mulai dari daging, ikan, hingga telor. Cara masaknya pun ada macam-macam dari yang digoreng, dibakar, diberi santan, atau dibalado.
Jangan bingung jika ada banyak pilihan. Perhatikan konsep makan sehat ini:
Cerdas Pilih Makanan Sehat.
  • ·         Ikan lebih baik daripada daging
  • ·         Dipanggang lebih baik daripada digoreng dan yang bersantan
  • ·         Dikukus lebih baik daripada dipanggang, digoreng, dan yang bersantan
  • ·         Telur lebih baik daripada jeroan (limpa, paru, hati, ampela, usus, dll)
Namun, bagaimana jika saya ingin sekali makan ikan tuna bersantan kuning? Jangan terlalu keras dengan aturan makanan sehat tersebut, batasi saja santannya. Di lain waktu jika Anda tak menginginkannya, jangan taruh santan sama sekali di piring Anda.

Jumlah Makanan
Idealnya dalam satu kali makan terdapat tiga jenis makanan dalam satu piring, yaitu karbohidrat, protein, dan sayur. Menurut para ahli jika ingin tetap langsing, perbandingan yang tepat untuk setiap jenis makanan adalah ¼ porsi nasi, ¼ porsi protein, dan ½ porsi sayuran. Jika Anda mematuhi peraturan ini, Anda tak akan membesar.

Ada kalanya ketika lauk masih tersisa, Anda tak segan-segan untuk menambahkan nasi.  Mulai kurangi kebiasaan tersebut.

Tambahkan Sayuran
“Namun, bagaimana jika saya masih saja lapar?” Solusinya adalah tambahkan lebih banyak sayuran. Sayangnya, pilihan sayuran di warung padang pun sangat terbatas. Anda bisa makan lebih banyak daun singkong dan mentimun. Jika ada sayuran yang bersantan, pastikan Anda tidak menyeruput santannya.

Konsep makan seperti ini bisa Anda terapkan di mana saja, baik itu di restoran China atau masakan Indonesia lain. Sehat bukan terletak dari tebal atau tipisnya kantong Anda, tapi bagaimana pola pikir Anda terhadap makanan. Selamat hidup sehat!

CB Blogger Lab


Top