Monday, 10 December 2012

Makanan Pereda Nyeri Haid

makanan pereda nyeri haid
Kadang kala wanita merasa nyeri haid tak tertahankan, rasa nyeri yang menusuk hingga bagian punggung.

Nyeri haid atau pra menstruasi adalah gejala yang muncul saat keluarnya darah kotor 2-4 hari sebelum haid, bahkan ada yang seminggu sebelum haid.

Untuk mengatasi nyeri haid, makanan-makanan yang mengandung vitamin B tinggi sangat diperlukan. Karena vitamin B kompleks memiliki fungsi dalam pengontrolan rasa nyeri yang ada hubungannya dengan sistem saraf.

Selain vitamin B, zat besi juga diperlukan tubuh karena kondisi tubuh saat haid datang lebih cenderung melepaskan darah merah cukup banyak.

Makanan yang meredakan nyeri haid.
Buah-buahan
Salah satunya adalah buah yang mengandung vitamin  B. Atau buah yang diajurkan oleh dokter  yang bisa dikonsumsi adalah buah pisang dan semangka.

kamu pun bisa menggantikan camilan sehari-hari dengan buah pisang dan semangka ini.

Susu.
Makanan selanjutnya yang termasuk makanan pereda nyeri haid adalah susu. Kondisi tubuh wanita saat sedang haid lebih cenderung lemah dan membutuhkan banyak energi. Dari susulah Anda bisa mendaptakan energi lebih.

Penelitian menunjukkan bahwa wanita yang mengkonsumsi 1.200 mg kalsium per hari, nyeri haidnya berkurang hingga 30 persen dibandingkan dengan mereka yang mengkonsumsi 500 mg kalsium.

Beras Merah.
Sebelun dan saat haid datang, muncul keinginan yang besar untuk mengkonsumsi gula dan karbohidrat sederhana. Tak jarang, wanita akan mempunyai nafsu makin yang tinggi menjelang haid datang.

Alternatif pilihan jatuh pada beras merah.
Tak hanya sebagai sumber karbohidart, melainkan beras merah juga mengandung serat yang mudah dicerna serta merupakan sumber magnesium yang sangat dibutuhkan tubuh.

Sehat itu perlu, cegahlah penyakit dari sekarang!

CB Blogger Lab


Top