Sunday, 9 December 2012

Pentingnya Kesehatan Kaki

Meski letaknya di bagian bawah tubuh Anda, bukan berarti kaki adalah bagian yang tidak penting. Kaki mempunyai peran penting. Fungsi utamanya adalah sebagai alat gerak dan penopang tubuh manusia. Kaki yang kuat juga diperlukan, terutama bagi seseorang yang berprofesi tertentu, seperti pemain sepak bola atau model sepatu yang sangat bergantung pada kesehatan kaki mereka. 

Dalam aktivitas sehari-hari, kaki pun terkadang mempunyai masalah gangguan kesehatan. “Masalah terbanyak pada kaki berkaitan dengan pemilihan sepatu yang tidak tepat, terutama pada wanita,” jelas dr.Adisaputra Ramadhinara. Berdasarkan hasil survei terhadap 356 wanita oleh American Orthopaedic Foot and Ankle Association (AOFAS), 80% di antaranya mengalami gangguan pada kaki. Sedangkan fakta dari penelitian lain, juga membuktikan bahwa 88% wanita, atau hampir 9 dari 10 wanita di dunia, memakai sepatu berukuran lebih kecil, dari yang seharusnya. Nah hal inilah yang paling sering membuat banyak wanita mengeluh nyeri di bagian kakinya. Untuk itu, berbagai macam gangguan kesehatan pada kaki baik yang ringan maupun berat, tetap memerlukan perhatian khusus agar Anda dapat beraktivitas dengan nyaman dan lancar setiap hari. 

dr. Adisaputra Ramadhinara pun menjelaskan berbagai macam gangguan kesehatan pada kaki yang seringkali dialami seseorang yang berkaitan dengan pemilihan sepatu yang kurang tepat, antara lain : Rasa nyeri pada kaki. Biasanya nyeri ini terjadi pada telapak kaki dan diakibatkan karena berdiri terlalu lama, berjalan terlalu jauh, dan menggunakan sepatu yang terlalu ketat. “Telapak kaki kita memiliki bantalan lemak yang cukup tebal, namun bantalan ini akan semakin menipis seiiring dengan bertambahnya usia. Inilah yang menyebabkan keluhan nyeri pada telapak kaki. 

Nyeri pada tumit. Gangguan ini sering disebut dengan plantar fasciitis. Biasanya gangguan kesehatan ini timbul akibat berdiri atau berjalan terlalu lama dengan menggunakan alas kaki yang tidak tepat. Hal ini memicu peradangan dan rasa nyeri di ligamen fascia plantaris yang terletak di telapak kaki di daerah tumit. Lama-kelamaan, plantar fasciitis akan mengalami pengapuran dan terbentuk spur di daerah tumit yang secara medis disebut heel spur. Pemicu lainnya dari gangguan tumit ini juga karena kelebihan berat badan yang mengakibatkan tekanan yang dialami telapak kaki akan semakin besar. Kram kaki. Kram pada betis atau jari kaki disebabkan oleh kontraksi otot. “Biasanya apabila udara terlalu dingin, atau saat kita melakukan gerakan yang intens saat berolah raga tanpa pemanasan terlebih dahulu. 

Kesemutan (paresthesia). Kesemutan adalah masalah persarafan. Hal ini diibaratkan sebagai alarm tubuh untuk memberitahu Anda bahwa ada bagian tubuh yang aliran darahnya terganggu. Misalnya jika Anda menekuk kaki terlalu lama sehingga aliran darah ke ujung kaki terganggu. Tubuh akan memberikan reaksi lewat sensasi ‘kesemutan’ ini untuk memberitahu kita agar merubah posisi.

CB Blogger Lab


Top