Monday, 23 March 2015

Jangan Gunakan Minyak Goreng Berkali-Kali Itu Ternyata Hanya Mitos

Anggapan bahwa minyak goreng hanya boleh dipakai sekali karena dapat menyebabkan kanker ternyata sama sekali tidak benar. Minyak goreng masih aman dan sehat walaupun dipakai hingga berkali-kali.
freedigitalphotos.net
Hal tersebut diungkapkan oleh Bapak Irwan, pengelola Restoran Hefchick ketika para blogger mengunjungi restoran ayam sehatnya di Depok, asalkan minyak goreng tidak pernah melebihi titik didih maksimalnya, yaitu 180˚C, minyak tersebut masih aman. “Namun ketika sekali sudah melebihi batas tersebut, minyak goreng tersebut sudah bersifat karsinogenik.” tutur jebolan Ilmu dan Teknologi Pangan IPB ini melanjutkan.

Jadi, bagaimana caranya kita mengetahui bahwa minyak goreng tersebut sudah melebihi titik didihnya atau tidak. “Caranya adalah menggunakan termometer yang saat ini sudah banyak dijual di pasaran.” Jawabnya.

Bagi para ibu rumah tangga yang tidak mau ribet menggunakan termometer, pastikan saja ketika menggoreng jangan gunakan api yang sangat besar. Namun ketika minyak sudah mengeluarkan asap yang tebal, sudah dapat dipastikan minyak tersebut sudah melampaui titik didihnya. Minyak goreng yang seperti itulah yang tidak boleh digunakan lagi. Oleh karena itu, selalu gunakan api sedang untuk menggoreng. Karena selain sehat, api sedang juga menghasilkan gorengan yang matangnya sempurna.

Selain itu, Bapak Irwan juga menyarankan untuk menggoreng makanan pada saat minyak berada di suhu 120˚C. Anda juga tak perlu menggunakan termometer untuk mengetahui minyak sudah berada di suhu tersebut. Namun ketika gemericik minyak sudah mulai reda, itu adalah saat yang tepat untuk  menyemplungkan makanan Anda ke dalam minyak goreng.

Hal-hal sederhana ini jika dilakukan setiap hari amat bermanfaat bagi kesehatan. Mari kita praktikkan mulai dari sekarang!

CB Blogger Lab


Top