Saturday, 14 March 2015

Tips Menghindari Bunga Kartu Kredit

Anda tak memegang uang tunai, tetapi dalam keadaan terdesak membutuhkan suatu barang. Kartu kredit yang sudah lama “bersarang” di dompet pun akhirnya dikeluarkan. “Aduh berapa bunga yang harus saya bayarkan nanti”, kata Anda menyesal. Tenang saja, Andai bijaksana menggunakan kartu kredit, Anda tak perlu membayarkan bunga.


Sumber: koleksi pribadi.

Pasti Anda akan mengeryit.  Kok bisa? Ada kok cara-cara yang dapat Anda lakukan agar terbebas dari bunga kartu kredit. Namun sebelum masuk ke sana, ada satu hal yang perlu dipahami. Kartu kredit adalah metode pembayaran yang praktis. Oleh karena itu, semua rupiah yang Anda pakai harus dibayarkan pada saat jatuh tempo.  

Hal-hal tersebut yang sering dilupakan para wanita ketika asyik berbelanja ria. Akhirnya berlakulah pepatah “besar pasak daripada tiang” dalam hidup mereka. Inilah awal mereka jatuh ke dalam lembah hutang. Bunga lalu kembali dibungakan menyebabkan membengkaknya hutang dan mereka tak bisa lepas dari lilitan hutang.
Jangan sampai ini terjadi pada Anda. Simak hal-hal berikut agar berapa pun pemakaian kartu kredit Anda, Anda tak akan pernah terjebak dengan bunga bank. 

Bayar Tepat Waktu
Jika Anda membayarkan hutang Anda tepat waktu, niscaya Anda tak akan pernah terkena bunga. Ketika Anda terlambat, bahkan hanya dalam satu hari,  biasanya bank akan memberikan pilihan,  Anda harus membayar bunga atau biaya keterlambatan. Pilih mana yang nominalnya terkecil. Oleh karena itu, catat tanggal jatuh tempo dalam  agenda Anda untuk menghindari bunga.

Bayar Semua Tagihan
Jangan sekali-kali membayar minimum payment karena di bulan berikutnya Anda pasti akan terkena bunga. Usahakan untuk membayar seluruh tagihan Anda, tanpa sisa. Oleh karena itu, seperti yang saya katakan di awal, Anda harus menghitung dulu kemampuan membayar Anda ketika hendak bertransaksi.

Cicilan 0 Persen
Jika Anda membutuhkan barang yang mahal tetapi tak bisa membayar seluruhnya, gunakan fasilitas cicilan 0 persen. Oleh karena itu, sebelum bertransaksi pastikan apakah ada promosi tersebut tersedia di kartu kredit yang Anda pegang. Jika ada, Anda dapat leluasa  membayarnya dalam beberapa kali cicilan. Ini tentunya akan meringankan hidup Anda.


CB Blogger Lab


Top